Terapkan New Normal, Padang akan Buka Pantai Air Manis dan Gunung Padang

Halopadang.id – Pemerintah Kota Padang bersiap untuk menyambut tatanan kehidupan baru atau new normal berdampingan dengan Virus Corona (Covid-19). Termasuk dalam destinasi wisata agar mempersiapkan protokol kesehatan demi keselamatan.

Sejumlah wacana telah dipersiapkan, salah satunya membuka kembali objek wisata.

Dinas Pariwisata Kota Padang berencana akan menerapkan new normal di 2 objek wisata, seperti Pantai Air Manis dan Gunung Padang.

“Jadi kan besok kita rapat evaluasi dengan keseluruhan juga dengan pak wali kota. Besok baru dapat (hasilnya), nanti disampaikan perkembangan apa tanggapan pimpinan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian dikutip dari Langgam, Selasa (26/5/2020).

Jika disetujui, kata Arfian, maka pihaknya tentu mengikuti protokol kesehatan saat membuka kembali objek wisata sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan. Beberapa kebijakan nantinya diterapkan khusus bagi setiap pengunjung.

“Seperti pengunjung wajib diukur suhu tubuh, kalau normal, diperbolehkan masuk, kalau tidak, ya disuruh balik. Kemudian, wajib pakai masker, selain pengunjung, bagi pedagang juga diterapkan,” ungkapnya.

Dijelaskan Arfian, pihaknya juga akan menyediakan tempat cuci tangan di kawasan objek wisata. Apabila pengunjung tidak membawa hand sanitizer, tempat yang telah disediakan bisa dimanfaatkan.

“Begitupun bagi Sumber Daya Manusia (SDM), kami sudah persiapkan dalam new normal ini. Kami juga akan dibackup oleh para pekerja untuk itu, nanti dilatih mereka,” ucapnya.

Diketahui, 2 objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Kota Padang itu telah ditutup sejak awal merebaknya penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Sumatra Barat (Sumbar). Bahkan, penutupan dilakukan sebelum diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).