Raih DAK Senilai Rp10 Miliar, Solok Bakal Punya Perpustakaan Daerah

HALOPADANG.ID – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Wadirman, beserta jajarannnya mendampingi Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, meninjau pembangunan gedung Perpustakaan Umum Daerah yang berlokasi di Terminal Bareh Solok, Selasa (30/4).

Pendanaan pembangunan gedung Perpustakaan Umum ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diperoleh dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebesar Rp10 Miliar.

Pembangunan gedung yang akan berdiri megah dengan tiga lantai itu dikerjakan oleh CV. Nur’C Kontraktor, tampak saat ini dalam tahap pemasangan pondasi dan tiang.

“Pembangunan gedung Perpustakaan Umum Daerah ini adalah sebuah keberhasilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dalam meyakinkan pemerintah pusat dalam mendapatkan Dana Alokasi Khusus ini, karena tidak semua daerah mendapatkan Dana DAK ini,” kata Wawako Ramadhani.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Iryanto, ST lebih rinci menjelaskan, gedung ini dibangun tiga lantai yang terdiri dari layanan umum, layanan anak, bioskop, aula, ruang inklusi sosial, mushala dan ruang layanan lainnya.

Kunjungan Wakil Walikota Solok ke lokasi pembangunan gedung Perpustakaan Umum Daerah dalam rangka kegiatan yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok yakni acara Pelepasan Purna Bhakti Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.

Kepala DPK, Wadirman menyampaikan, pembangunan gedung perpustakaan umum daerah untuk mengembangkan, mendukung dan mensejahterakan literasi masyarakat di daerah Kota Solok.

“Pembangunan gedung direncanakan rampung pada akhir tahun 2024 ini dan diharapkan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kota Solok,” tandas Wadirman. (HP-002)