BB-POM Padang Awasi Jajanan Pabukoan dan Lakukan Pemeriksaan Lewat Sampling

HALOPADANG.ID – Dalam rangka memastikan jajanan buka puasa (pabukoan) yang dijual aman, Balai Besar Pengawas Obat Makanan (POM) di Padang melakukan intensif pemeriksaan.

Kepala Balai Besar POM di Padang Abdul Rahim mengatakan intensifikasi pengawasan dilakukan melalui sampling pabukoan

“Kemudian dilanjutkan dengan penguji cepat pada Laboratorium Mobil Keliling terhadap Boraks, Formalin, Metanil Yellow dan Rhodamin B,” kata Abdul Rahim, Senin (18/3/2024).

Ia menjelaskan, pemeriksaan telah dilakukan di tiga lokasi pasar Pabukoaan Pasar Raya Kota Padang, Pasar Kota Padang Panjang dan Pasar Nanggalo Kota Padang.

Hasil penguji cepat pada Laboratorium Mobil Keliling BPOM di Padang pada tiga lokasi tersebut, tidak ditemukan adanya bahan berbahaya pada takjil maupun menu berbuka lainnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan komunikasi informasi dan edukasi kepada pedagang untuk membuat pabukoan yang bebas dari penyalahgunaan bahan berbahaya (Boraks, Formalin, Metanil Yellow dan Rhodamin B) dan bebas dari cemaran (cemaran biologis, cemaran kimia dan cemaran fisika).

Selain memberikan sosialisasi kepada pedagang tentang keamanan pabukoan yang dibuat, BBPOM di Padang juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar cerdas memilih pabukoan yang akan dibeli.(HP-002)