SMPIT Al Madaniy di Lubuk Basung Mulai Buka Pendaftaran Calon Siswa, Kuota Terbatas

HALOPADANG.ID – SMPIT Al Madaniy Lubuk Basung, Kabupaten Agam, telah mulai melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025.

Kepala SMPIT Al Madaniy Lubuk Basung, Harris Efrinaldi, Jum’at (16/2) mengatakan, PPDB ini untuk dua jalur seperti, jalur prestasi dan reguler. “Jadwal penerimaannya sama, hanya saja untuk reguler lebih panjang dibanding jalur prestasi,” katanya.

Dijelaskan, untuk jalur prestasi mulai 20 januari-16 Februari 2024, sedangkan reguler 20 januari-23 Februari 2024.

“Penerimaan dua rombel untuk putra dan putri, satu rombelnya maksimal kuota 32 orang. Jadi total penerimaan 64 orang. Hingga kini yang mendaftar sudah 51 orang,” ujarnya.

Penerimaan jalur prestasi katanya, ada beberapa kategori dan tidak melalui tes seperti yang diterapkan untuk jalur reguler. Jalur prestasi ini terangnya, bagi siswa yang meraih juara I-III tingkat SD. Saat pendaftaran mereka harus membuktikannya dengan nilai rapor.

Baca Juga :  Pelaksanaan UTBK-SNBT di UNP, Puluhan Petugas Disebar untuk Layanan Keamanan

Kemudian memiliki hafalan Al-Qur’an dibuktikan dengan piagam atau sertifikat, serta mampu menampilkannya ketika cek hafalan saat verifikasi “Selanjutnya juara lomba akademik atau sains dan non sains tingkat provinsi. Khusus jalur prestasi gratis uang pendaftaran,” jelas Harris.

Sementara itu, jalur reguler calon siswanya akan diseleksi berupa tes akademik, baca Al-Qur’an dan wawancara. Ini dilaksanakan 25 Februari 2024.

“Bagi yang diterima nanti mereka membayar Rp5 juta, diperuntukkan untuk seragam sekolah, lemari asrama, ranjang dan fasilitas asrama. Siswa wajib tinggal di asrama,” katanya lagi. (HP-001)