Puting Beliung Terjang Pessel, Warga Sempat Terseret Pusaran Angin

puting beliung pessel
Terlihat satu unit rumah warga rata dengan tanah akibat di sapu angin puting beliung di Kampung Padang Laban, Kenagarian Pasia Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir. Bahkan ada yang luka-luka.

PESSEL, HALOPADANG–Akibat di terjang angin puting beliung, sedikitnya dua unit rumah warga di Kampung Padang Laban, Kenagarian Pasia Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, porak-poranda pada Minggu (5/4) pagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Herman Budiarto menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Akibat kejadian itu, dua unit rumah warga rusak disapu angin kencang tersebut.

“Ya, dua rumah yang terdampak itu, satu diantaranya rusak berat dan satu lagi rusak ringan,” ujarnya pada wartawan di Painan.

Ia mengatakan, pemilik rumah yang menjadi korban adalah pasangan suami istri Alirman (39) dan Iyen (38) bersama tiga orang anaknya.

“Berdasarkan keterangan petugas di lokasi, pemilik rumah ini mengalami luka ringan akibat tertimpa serpihan kayu yang ambruk diterpa angin,” tuturnya.

Selanjutnya, rumah pasangan suami istri Syafril (53) dan Ilis (35) yang dihuni bersama orang tuanya, serta dua orang anaknya mengalami rusak ringan.

“Alhamdulillah, keluarga ini selamat dan tidak ada yang luka-luka,” katanya lagi.

Ia menyebutkan, saat ini kondisi kedua keluarga yang menjadi korban angin puting beliung tersebut, sudah di evakuasi oleh pemerintah nagari dibantu masyarakat setempat.

“Tadi tim kami sudah berada di lokasi untuk melakukan penanganan selanjutnya,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Pessel Dapil IV Novermal Yuska, mengatakan, akibat bencana angin puting beliung tersebut, satu unit rumah warga setempat rata dengan tanah dan beberapa rumah lainnya rusak ringan. Bahkan, dilaporkan penghuninya sempat terseret beberapa meter ke udara.

“Atas informasi tersebut, saya sudah koordinasikan dengan Camat, Dinsos, dan Kanan BPBD Pessel agar segera dilakukan tindakan tanggap darurat. Informasi ini, juga sudah saya teruskan ke Bupati dan Sekda,” ujarnya.

Menurutnya, Walinagari Pasia Pelangai bersama Camat Ranah Pesisir sudah melakukan tanggap darurat untuk menyelamatkan korban yang luka-luka. Selanjutnya, Dinsos dan BPBD juga sudah turun ke lokasi kejadian.

“Kami mohon doa agar korban diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini. Kemudian kepada pemerintah setempat melalui dinas terkait ataupun donatur diharapkan segera memberikan bantuan agar keluarga ini bisa mendapatkan rumah yang layak untuk ditempati kembali,” ucap politisi PAN ini. (hp/kis)