Setelah Solok Selatan, Harimau Sumatera Terkam Sapi Warga di Daerah Lain

HALOPADANG.ID – Harimau Sumatera kembali masuk perkebunan warga dan memangsa ternak. Setelah di awal pekan ini peristiwa tersebut terjadi di Solok Selatan, kini giliran peternak di Aceh, tepatnya di Gamping Panton Rayeuk Kecamatan Banda Aceh, Kabupaten Aceh Timur yang mengalami hal serupa.

Ternak milik Sofyanto (45) warga Gampong Panton Rayeuk itu diduga dimangsa Harimau di Kebun PTPN Julok Rayeuk Selatan. Peristiwa itu pertama kali ditemukan oleh seorang petani, yang kebutulan melintas di wilayah itu. Dia melihat, seekor sapi ditemukan luka gigitan di badannya. Mengetahui hal itu, ia langsung melaporkan ke perangkat desa.

“Saksi mengecek ternyata ternak lembu tersebut baru saja diterkam oleh satwa liar jenis harimau. Selanjutnya ia melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak security PTPN Julok Rayeuk Selatan. Memperoleh informasi adanya hewan ternak warga diserang harimau, anggota kami langsung menuju ke lokasi bersama dengan perangkat Desa Panton Rayeuk T,” kata Kapolsek Banda Alam, Iptu Saidir, Senin (27/3/2023).

Selanjutnya, pemilik ternak diminta untuk segera mengevakuasi ternaknya ke pemukiman warga untuk mencegah kembalinya satwa liar. Atas kemunculan harimau tersebut, Kapolsek mengimbau warga sekitar perkebunan untuk tidak melepasliarkan hewan ternaknya untuk mengantisipasi kejadian serupa. (HP-003)