Dinsos Sumbar Sigap Antar Bantuan untuk Warga Korban Kebakaran di Danau Kembar Solok

halopadang.id – Pemprov Sumbar melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi sigap merespons musibah kebakaran yang menimpa tiga keluarga di Nagari Tanjung Nan IV, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Kamis (01/12/2022) kemarin. Kurang dari enam jam sejak kejadian, tim dari Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) sudah berada di lokasi untuk menyalurkan bantuan.

Sebagaimana arahan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, bahwa kecepatan dalam penyaluran bantuan bagi warga Sumatera Barat (Sumbar) yang tertimpa bencana atau musibah adalah bagian dari respons cepat yang wajib dilakukan, termasuk oleh Dinas Sosial sebagai leading sector dalam penyaluran bantuan.

“Melalui OPD-OPD terkait, saya tekakan bahwa respons terhadap kejadian bencana harus segera. Pemprov Sumbar harus segera hadir di dekat warga yang tertimpa musibah,” ucap Mahyeldi dalam salah satu agenda rapat koordinasi (rakor) kebencanaan beberapa waktu lalu di Padang.

Di sisi lain, Kepala Dinsos Sumbar, Arry Yuswandi juga menekankan, bahwa Dinsos melalui Bidang Linjamsos selalu dalam posisi siaga menerima informasi terkait kejadian bencana di seluruh wilayah Sumbar. Begitu pun dengan perlengkapan dan stok logistik yang diperlukan, yang terus diupayakan untuk tersedia.

“Koordinasi dengan Kementerian Sosial, Dinas Kabupaten/Kota, serta rekan-rekan Tagana terus dibangun secara berkelanjutan. Ini untuk memastikan bahwa kejadian bencana segera ditindaklanjuti dengan penyaluran bantuan sesegera mungkin. Sebab, warga yang tertimpa bencana tentu saja sangat membutuhkan kehadiran pemerintah di dekatnya,” ucap Arry.

Ada pun terkait penyaluran bantuan ke Nagari Tanjung Nan IV, Kepala Bidang Linjamsos Dinsos Sumbar, Andri Yunidal merincikan, pihaknya menerima informasi terkait kejadian kebakaran sekirat pukul 11.00 WIB pada Kamis 1 Desember 2022. Merespons hal itu, Linjamsos langsung segera mengutus tim untuk menyalurkan bantuan ke lokasi tersebut.

“Korban dalam kejadian ini terdiri dari tiga KK dengan total warga 12 jiwa. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tapi rumah yang mereka tempati ludes terbakar. Bantuan sudah diantar oleh tim dari Dinsos Sumbar, yaitu saudara Andra Rizki dan Al Iman, bersama Anggota Tagana Joharman Anas. Di lokasi, juga langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Solok dan Tagana Kab. Solok,” ucap Andri.

Terkait bantuan logistik yang disalurkan pada pukul 17.00 WIB ke lokasi kejadian terdiri dari, 4 paket sandang lansia, 4 paket sandang remaja, dan 4 paket sandang anak-anak dengan nilai total Rp4.742.000. Selain itu juga disalurkan bantan permakanan antara lain, 2 dus mie cup instan, 6 dus air mineral, 4 kilogram gula, dan 2 kilogram kopi. (hp/rel)