Kabupaten Solok Daerah Vaksinasi Dosis 2 Terendah, Pariaman Tertinggi

HALOPADANG.ID -Perkembangan Covid di Indonesia memasuki babak baru. DKI Jakarta bahkan dinobatkan WHO sebagai daerah yang masuk level III dimana penambahan harian warganya yang mengidap Covid kembali mencapai angka ribuan.

Upaya pengebalan yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir transmisi virus ini belakangan tampak tak segencar sebelumnya. Hasilnya, beberapa daerah tercatat masuk rendah dalam pemenuhan warga yang harus menjalani vaksinasi hingga dosis kedua.

Di Sumatera Barat, ada tiga daerah yang tergolong rendah tingkat vaksinasi dosis dibandingkan wilayah lainnya. Beberapa kabupaten/kota tersebut di antaranya kabupaten Solok, kabupaten Agam dan kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dalam menjalankan program vaksinasi, data kemarin, ketiganya baru menyelesaikan 443,97 ribu dosis untuk vaksinasi dosis 2 dari target yang diharapkan sebanyak 812,35 ribu peserta vaksin. Sementara Kota Pariaman tercatat paling tinggi capaiannya.

Baca Juga :  Tanah Datar Raih Penghargaan Zakat, Bupati: Ini Berkat Sumbangsih

Dirilis katadata, Kabupaten Solok di urutan pertama. Sampai dengan kemarin, untuk vaksinasi dosis 2 wilayah ini telah mencatatkan 53,15 persen. Angka ini menjadi yang terendah dibandingkan 19 kabupaten/kota lainnya. Sedangkan untuk pencapaian dosis 1, sampai dengan kemarin sudah tercapai 83,96 persen atau diikuti oleh 439,09 ribu peserta vaksin.

Program vaksinasi di kabupaten/kota ini rencananya dengan sasaran sebanyak 311,81 ribu peserta. Menurut data Kementerian Kesehatan, rerata vaksinasi minggu lalu di Solok tercatat 839 peserta. Jumlah stok vaksin yang tersisa saat ini tercatat 32,62 ribu dosis.

Menyusul berikutnya adalah kabupaten Agam. Untuk vaksinasi dosis 2, daerah ini masuk nomor dua terendah. Dengan sasaran vaksin sebanyak 432,03 ribu peserta, namun telah berhasil direalisasikan 55,59 persen atau 240,16 ribu peserta.

Baca Juga :  Operasi Keselamatan di Wilayah Hukum Polres Padang Panjang Dimulai, Berakhir 17 Maret

Adapun pencapaian dosis 1 tercatat sudah 76,95 persen atau diikuti oleh 584,96 ribu peserta vaksin. Menurut data Kementerian Kesehatan, rerata vaksinasi minggu lalu di Agam tercatat 917 peserta. Saat ini stok vaksin yang tersedia adalah 42,21 ribu dosis.

Kabupaten Kepulauan Mentawai di urutan ketiga. Dengan sasaran vaksin sebanyak 68,51 ribu peserta, untuk dosis 2 telah berhasil direalisasikan 55,61 persen atau 38,1 ribu peserta. Menurut data Kementerian Kesehatan, rerata vaksinasi minggu lalu di Kepulauan Mentawai tercatat 118 peserta. Jumlah stok vaksin yang tersisa saat ini tercatat 40,51 ribu dosis.

Adapun capaian vaksinasi di level provinsi, total vaksinasi dosis 1 di Sumatera Barat telah mencapai 94,41 persen atau diikuti oleh 4,16 juta peserta vaksin. Sedangkan untuk vaksinasi dosis 2 tercatat sudah 74,04 persen atau menjangkau 3,26 juta peserta vaksin.(HP-001)

Baca Juga :  Operasi Keselamatan di Wilayah Hukum Polres Padang Panjang Dimulai, Berakhir 17 Maret