Jalur Kereta Api Kayu Tanam-Bukittinggi Direncakan akan Diaktifkan Lagi

HALOPADANG.ID – Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas II Padang Endang Setiawan mengatakan, reaktivasi jalur Kereta Api (KA) Kayu Tanam-Bukittinggi hingga kini masih dalam tahap kajian.

Hal tersebut diungkapkannya saat kegiatan Balai Bicara “Ngobrol Asik Bareng Stakeholder dan Media di Padang, Kamis (13/6/2024).

“Terkait reaktivasi sedang dalam proses kajian. Tahun ini kami membuat studi penataan kawasan perkeretaapian di Wilayah Kota Padang dan wilayah lain. Terkait reaktivasi jalur dari Kayu Tanam-Padang Panjang-Bukittinggi. Kita membuat alternatif-alternatif,” ungkap Endang.

Ia menambahkan nanti dari studi akan dilakukan kajian financial dan sebagainya.

“Sehingga transportasi menuju ke Bukittinggi ini cocoknya menggunakan transportasi seperti apa,” ucapnya.

Endang menyebut saat ini beberapa transportasi di kereta api punya teknologi yang tinggi. Kereta api tidak harus mempunyai jalur seperti rel, sudah ada berbasis marking, juga ada kereta api gantung di beberapa negara.

“Beberapa teknologi akan dijadikan alternatif agar jalur Kayu Tanam-Bukittinggi bisa dilaksanakan. Beberapa jalur tidak bisa digunakan. Contoh di Kota Bukittinggi tidak mungkin lagi menggunakan trase yang lama,” bebernya.

Disisi lain lanjut Endang, reaktivasi juga mempertimbangkan kerawanbencanaan wilayah. Dalam studi akan dibahas, wilayah di Sumbar yang rawan bencana gempa dan lain-lain.

BTP Kelas II Padang, sambungnya tentu tidak bisa bekerja sendiri. Butuh dukungan yang dari pemerintah maupun stakeholder.

“Anggaran maupun target pelaksanaannya, kita masih menunggu pemerintahan yang baru. Intinya kita berusaha memajukan moda transportasi di Sumbar,” kata dia.

Endang menambahkan, BTP Kelas II Padang mengharapkan pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Sumbar turut mendukung rencana strategis ini. Termasuk mensosialisasikan penggunaan KA kepada masyarakat. (HP-003)