Calon Penerima Program Saga Saja 2022 Ikuti SIMAK Universitas Indonesia

HALOPADANG.ID – Sebanyak 28 orang calon penerima program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) Kota Pariaman mengikuti Seleksi Masuk (SIMAK) Universitas Indonesia (UI) Tahun 2022. SIMAK UI pada program Saga Saja dilaksanakan di Labor Komputer SMP 2 Kota Pariaman, Sabtu (2/7).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Kanderi saat dihubungi Tim Media Center Kota Pariaman membenarkan hal ini tersebut.

“28 Calon penerima program Saga Saja untuk Tahun 2022 hari ini mengikuti SIMAK UI. Ujian dilaksanakan selama 3 (tiga) jam mulai pukul 13.00 s.d 15.00 Wib. Namun sebenarnya ujian boleh dilaksanakan dari mana saja, tetapi khusus untuk Kota Pariaman melalui program Saga Saja kita fasilitasi melaksanakan ujian di Labor SMP 2 Kota Pariaman, “ ungkapnya.

Program Saga Saja merupakan salah satu program unggulan dibawah kepemimpinan Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin. Program ini telah dimulai sejak Tahun 2018 dengan memprioritaskan masyarakat Kota Pariaman yang kurang mampu.

“Sebenarnya ada 30 orang pelajar yang telah mendaftarkan diri untuk bergabung sebagai penerima program Saga Saja. Namun yang hanya mengikuti SIMAK UI sebanyak 28 orang. Sementara untuk 2 orang peserta, mereka telah dinyatakn lulus dengan jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), “ tambahnya.

Ia berharap semua peserta yang mengikuti SIMAK UI akan lulus dan menuntut ilmu di perguruan tinggi UI. Namun semua itu kita kembalikan ke nilai yang akan dapatkan hari ini bagi para peserta.

Sementara itu Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum Program Vokasi UI Priyanto usai bincang – bincang dengan peserta saat jam istirahat mengatakan bahwa Program Vokasi UI telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman untuk program Saga Saja.

“Pada dasarnya kita ingin mengembangkan kerjasama daerah industri dengan beberapa kabupaten/kota lainya bahkan Kota Pariaman juga telah terlibat langsung sehingga terjadinya pemerataan terkait kesempatan belajar di UI. Semua pelajar yang hari ini mengikuti SIMAK UI telah bersaing dengan pejalar lainnya se Indonesia. Dengan ketatnya pesaingan, maka kami memberikan semangat dan keyakinan sehingga lahirlah kepercayaan diri dari masing – masing peserta, “ ungkapnya.

SIMAK UI adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor.

“Kita berharap kerjasama ini akan tetap berjalan setiap tahun, sehingga UI sendiri bisa memberikan dampak positif kedaerah lain diluar Pulau Jawa. Tidak hanya itu, kita juga menginginkan anak –anak Kota Pariaman semangat dalam melaksanakan SIMAK UI seperti semangatnya Pemko Pariaman menjalin kerjasama dengan pihak kami. Untuk ketentuan lulus, nanti akan kita informasikan Tanggal 15 Juli 2022, “ tutupnya.(HP-002)