Perkuat Peranan PPID, Wali Data, Bakohumas, OPD Diminta Siapkan Petugas

HALOPADANG.ID– Guna menguatkan peranan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kota Padang Panjang, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) diminta menyiapkan seorang petugas administrasi untuk menjadi petugas PPID pelaksana, wali data dan Bakohumas.
“Seiring Kota Padang Panjang ditetapkan sebagai Kota Informatif oleh Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, penting bagi setiap OPD untuk memberikan informasi kepada masyarakat selagi informasi tersebut tidak rahasia dan boleh dipublikasikan,” jelas Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, S.H, M.Si dalam rapat bersama sekretaris seluruh OPD di ruang VIP Balai Kota, Kamis (28/4).
Petugas ini, katanya, akan merangkum tiga kinerja tersebut dan mereka harus bisa melayani dengan baik apabila ada orang datang menanyakan informasi di OPD.
“Mereka diminta harus cakap dalam berbicara, bisa melayani dengan baik dan tidak menyakiti hati seseorang yang bertanya ke OPD. Bapak ibu boleh menunjuk seorang staf yang dipercaya yang bisa menangani ketiga pekerjaan ini,” ujar Ampera.
Insyaa Allah pada Mei ini, tambahnya, wali kota akan mengukuhkan semua PPID Pelaksana yang ada di Padang Panjang.
Terkait PPID pelaksana ini, Pranata Siaran Ahli Muda, Harry Sulistio, S.Kom menyampaikan, keterbukaan informasi ini sudah menjadi sebuah tolak ukur bagi sebuah daerah untuk maju dan dikenal luas. Maka dari itu penting bagi setiap OPD untuk menyampaikan informasi yang memang bisa dikonsumsi oleh masyarakat banyak.
“Contohnya saja ada masyarakat yang butuh data terkait jadwal sampah. Dalam hal ini, PPID pelaksana menyampaikan kepada masyarakat tersebut. Kalau tidak diberikan, si pemohon bisa mempersengketakan hal tersebut,” jelasnya.
Sementara itu Statistisi Ahli Muda, Yuva Lianda, S.ST menyampaikan, saat ini Kota Padang Panjang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi Kota Statistik. Kominfo sudah menyiapkan sebuah portal satu data untuk hal ini.
“Jadi setiap OPD nantinya melalui petugas yang ditunjuk tadi, memasukkan data yang bisa dikonsumsi banyak orang dan kita akan sajikan data tersebut dalam portal ini,” sebutnya.
Sedangkan terkait Bakohumas, Pranata Humas Ahli Muda, Budiono, S.ST menyampaikan, Bakohumas ini diadakan agar setiap OPD tidak tertinggal dalam menginformasikan sebuah informasi.
“Sampai saat ini kita telah memantau keberadaan website dan medsos yang ada di OPD, namun masih banyak yang tidak aktif. Jadi ke depan setelah adanya petugas yang ditunjuk ini, nanti diharapkan setiap OPD memaksimalkan Bakohumas. Sehingga ke depan informasi yang disampaikan tidak terlambat lagi,” ujarnya.(HP-002)

Baca Juga :  Operasi Keselamatan di Wilayah Hukum Polres Padang Panjang Dimulai, Berakhir 17 Maret