SDN 01 Pariaman Adakan Literasi Budaya dan Pagelaran Seni di Pagaruyung

HALOPADANG.ID – Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa-siswi terhadap seni dan budaya alam Minangkabau, SDN 01 Koto Marapak (Komara) menggelar kegiatan Literasi Budaya dan Pagelaran Seni Budaya.

“Literasi Budaya ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta didik untuk lebih mengenal, memahami budaya, situs-situs sejarah, serta alam Minangkabau ,” terang Kepala Sekolah SDN 01 Koto Marapak, Agustrinaldi kepada tim MCP Kota Pariaman, Minggu (6/2/2022).

“Ide dari program ini muncul sejak awal tahun pembelajaran yang tertuang dalam kurikulum sekolah pada buku dokumen 1 dan alhamdulillah kegiatannya terlaksana pada Sabtu tanggal 5 Februari 2022 kemarin di Istano Basa Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar ,” ujarnya.

Baca Juga :  Pesantren Kauman Kembangkan Kreativitas Santri Lewat Nobar dan Beda Film Pendek

Acara ini menampilkan pagelaran kreatifitas peserta didik SDN 01 Koto Marapak, seperti tambua tasa, tari pasambahan, silek, pidato adat, dan kato pasambahan.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk penilaian praktek siswa, serta belajar untuk membuat laporan observasi, dengan menggunakan instrumen pengamatan yang dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran seni dan budaya ,” sebut Naldi.

Kami berharap dengan kegiatan Literasi Budaya ini peserta didik dapat melestarikan adat istiadat, serta nilai-nilai budaya dan tradisi Kota Pariaman khususnya dan Sumbar umumnya.

“Karna generasi penerus adalah generasi yang harus disiapkan dengan kearifan lokal,”katanya. (*)