Satu Unit Rumah dan Sekolah di Pasbar Terancam Ambruk ke Sungai

rumah
salah satu rumah yang terancam ambruk kes sungai karena abrasi

HALOPADANG.ID–Satu unit rumah warga dan satu unit Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jorong Sungai Jernih Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat terancam ambruk akibat abrasi sungai.

Informasi yang diperoleh dari warga sekitar, satu unit rumah terancam ambruk dan warga merasa was-was. Dari lokasi abrasi juga diketahui ada SDN yang tidak terlalu jauh.

“Benar, ada satu unit rumah warga setempat terancam ambruk karena abrasi sungai, saat ini jarak rumah warga dari sungai hanya tinggal 1 Meter lagi,” kata Candra Kelana, anak pemilik rumah.

Ia menambahkan, adanya kemungkinan pengikisan tanah terus berlanjut mendekati Sekolah Dasar Negeri (SDN) setempat dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, katanya.

Sementara itu, Camat Talamau Nur Fauziah Zein telah melaporkan bencana tersebut pada pihak BPBD Kabupaten Pasaman Barat.

“Ada satu unit rumah warga terkena abrasi tepi sungai, sekarang pemilik rumah sudah menginap di rumah orang tuanya. Kejadian ini sudah kita laporkan ke BPBD Pasaman Barat untuk dilakukan pengecekan dan ditindaklanjuti,”jelas Nur Fauziah Zein.

Ia mengimbau masyarakat yang memiliki rumah di dekat sungai agar selalu waspada jika sewaktu-waktu hujan lebat. Karena, pengikisan sungai saat ini rentan terjadi.

“Kepada masyarakat yang memiliki rumah di dekat sungai agar selalu waspada, pantau cuaca. Jika cuaca ektrim cepat mengungsi,”kata Nur Fauziah Zein.(S-01)

Kondisi tebing yang sudah mulai mengancam rumah masyarakat.