Dunia  

‘New Normal’ Ala Brasil Akibatkan Ledakan Kasus Corona dan Kematian, 30.412 Kasus Baru dalam Sehari

Petugas dengan bantuan alat berat, menggali tanah untuk kuburan khusus jenazah pasien virus Corona di pemakaman Vila Formosa, Sao Paulo, Brasil, 2 April 2020. Vila Formosa merupakan kompleks pemakaman terbesar di Brasil. REUTERS/Amanda Perobelli

HALOPADANG.ID — Brazil pada Kamis melaporkan jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi COVID-19, yakni sebanyak 802.828 kasus. Peningkatan kasus terjadi justru setelah negara tersebut mencabut lockdown dan membolehkan sejumlah kegiatan termasuk membuka kembali toko dan pusat perbelanjaan.

Angka tersebut mencakup 30.412 kasus tambahan dalam 24 jam terakhir, menjadikannya wabah terparah kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Dengan adanya 1.239 kematian baru, total kematian akibat COVID-19 di negara itu mencapai 40.919, tertinggi ketiga di dunia setelah AS dan Inggris, menurut Kementerian Kesehatan Brazil.

Negara bagian terpadat di Brasil, Sao Paulo, mengalami peningkatan angka kematian tertinggi akibat wabah Corona atau Covid-19 dalam dua hari terakhir hingga Kamis, 11 Juni 2020.

Ini justru terjadi saat pemerintah Sao Paulo mulai melonggarkan pembatasan sosial atau lockdown dengan mengizinkan toko beroperasi.

Pemerintah Sao Paulo juga bersiap untuk mengizinkan pusat perbelanjaan kembali buka.

“Negara bagian ini, yang menjadi episentrum pandemi Corona di Brasil, mencatat 340 korban meninggal baru pada Rabu,” begitu dilansir Reuters pada Kamis, 11 Juni 2020.

(002)