Kemenpora Siapkan Protokol Kesehatan untuk Olahraga

kemenpora
Ilustrasi olahraga

HALOPADANG.ID–Kementerian Pemuda dan Olaharga (Kemenpora) tengah menyiapkan protokol kesehatan yang bakal jadi landasan olahraga masyarakat, prestasi atau rekreasi yang berlangsung di tengah pandemi covid-19 atau menyambut kenormalan baru.

Hal yang paling diatur dalam protokol kesehatan olahraga oleh Kemenpora yakni protokol olahraga masyarakat.

“Yang benar-benar kita atur itu olahraga masyarakat seperti jalan sehat, senam bersama, sepeda itu saya kira kita harus ada portokolanya supaya teratur tetap berolahraga tetap produktif tapi protokol kesehatannya dijalankan,” kata Menpora, Kamis (4/6).

Sementara untuk olahraga prestasi Kemenpora akan membuat protokol kesehatan secara umum, untuk detailnya Kemenpora menyerahkan kepada cabang olahraga yang lebih mengetahui.

Protokol kesehatan sendiri dikatakan Menpora bakal selesai satu hingga dua hari ke depan dan nantinya bakal disebarkan kepada cabor-cabor.

“(Protokol kesehatan-red) Tunggu satu dua hari ini kita akan selesaikan, tinggal ada satu dua poin saja. Saya sudah sampaikan ke teman-teman kemenpora tidak usah kita atur terlalu detail tapi panduan umum, kita atur dan detailnya kita serahkan kepada cabor-cabor yang penting protokol kesehatannya untuk menjaga kesehatan para atlet pelatih dan sekitarnya,” jelas Menpora.

Seperti diketahui, dalam kajian awal Kemenko Perekonomian dalam menyambut new normal, olahraga luar ruangan sudah diperbolehkan dihelat kembali pada fase ketiga atau 15 Juni 2020yang tentunya dengan protokol kesehatan.

Dan baru saja, kompetisi sepakbola profesional Liga 1 dan Liga 2 2020 dikabarkan bakal bergulir kembali pada Oktober mendatang.(R-01/rel)