Pascalongsor, Jalan Lingkar Maninjau Buka-Tutup

maninjau
Jalur Jalan lingkar Danau Maninjau yang menghubungkan Nagari Tanjuang Sani dengan Nagari Sungai Batang pascagalodo

HALOPADANG.ID–Jalan lingkar Danau Maninjau yang menghubungkan Nagari Tanjuang Sani dengan Nagari Sungai Batang di Kabupaten Agam yang sempat putus sudah bisa dilalui.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, M Lutfi, Kamis (4/6) mengatakan, akses lalu lintas jalan lingkar Danau Maninjau itu dibuka dengan sistem buka tutup.

“Jalur yang terkena terjangan galodo pada Rabu (3/6) sore kemarin, kini sudah bisa dilewati oleh kendaraan,” katanya.

Dikatakannya, hingga kini tim gabungan yang terdiri dari BPBD Agam, PMI, TNI/Polri, Pemerintah Kecamatan, Nagari, TKSK, dan masyarakat tengah berjibaku membersihkan material galodo.

Ia menjelaskan, jalan lingkar Danau Maninjau sudah bisa dilewati kendaraan Kamis pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Meski demikian ia menghimbau pengendara untuk berhati-hati, pasalnya sisa-sisa material galodo masih menimbun jalan.

“Alhamdulillah saat ini jalan lingkar Danau Maninjau yang menghubungkan Nagari Tanjuang Sani dan Nagari Sungai Batang sudah bisa dilewati,” katanya.

Sebelumnya hujan lebat yang melanda wilayah kecamatan Tanjung Raya mengakibatkan bencana galodo di Jorong Pantas, Nagari Tanjuang Sani. Akibat kejadian tersebut 5 unit rumah warga rusak diterjang galodo, 2 diantaranya rusak berat, dan 17 warga diungsikan. (T-01)