Anak Buaya Ini Ditemukan di Kamar Mandi Warga di Padang

buaya
PENYERAHAN BUAYA-- Kabid Damkar Kota Padang menyerahkan Buaya yang di tangkap di perumahan Pemda, Koto Lua,Pauh kepada BKSDA dan Polhut di kantor Damkar, Kota Padang, Rabu (3/6). Hewan dengan nama latin Crocodylus Porosus tersebut diamankan di kamar mandi warga dan buaya tersebut di tangkap dalam waktu kurang lebih setengah jam. Casanova

HALOPADANG.ID–Petugas Pemadam Kebakaran Kota Padang berhasil menangkap seekor buaya muara di Perumahan Pemda, Kelurahan Koto Lua, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Rabu (3/6). Hewan dengan nama latin Crocodylus Porosus tersebut masuk ke kamar mandi warga.

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril mengatakan, saat dievakuasi buaya muara tersebut sangat lincah karena masih tergolong anak. Menurut saksi mata di lapangan, ia melihat buaya saat hendak ke dapur dan lari ke kamar mandi.

“Ada waktu setengah jam untuk melakukan evakuasi, warga khawatir apakah ada yang lainnya yang jelas kami amankan dulu,” katanya di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang.

Ia menambahkan, ukuran buaya ini sepanjang 80 centimeter, berumur sekitar dua hingga tiga bulan.

“Jika sudah mencapai 1,5 meter itu bisa membahayakan warga sekitar,” ujarnya.

Sementara itu Dansatgas BKSDA Sumbar Joni Akbar mengatakan, tempat penemuan buaya tersebut bukanlah habitat buaya ditemukan.

“Habitatnya ya di Muara atau sepanjang garis pantai. Untuk itu akan kami lakukan pengecekan langsung di lapangan apakah buaya ini peliharaan atau tidak,” katanya.

Menurutnya, saat ini habitat buaya muara memang terancam atau diambang kepunahan, karena garis sepanjang garis pantai Sumbar sudah banyak dijadikan pemukiman.

“Kendalanya disana, kami mencari solusi yang baik agar tidak ada konflik antara buaya dan warga,” tutupnya. (Q-06/rel)