Tukang Pijit di 50 Kota Ini Tolak Cek Corona, TNI dan Polisi Turun Tangan

pijit
Kapolsek serta petugas datangi kediaman M. M merupakan salah seorang tukang urut yang pernah kontak dengan E sekaligus pasien positif Corona di Payakumbuh

HALOPADANG.ID–Salah seorang tukang pijit warga Nagari Andaleh, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota berinisial M merupakan salah satu warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Pria 50 tahun itu, menyandang ODP sejak salah seorang warga tetangga, Kota Payakumbuh dinyatakan terpapar positif Corona.

“Beberapa hari sebelum E dinyatakan positif, E sempat datang ke tempat M untuk dipijit,” terang AKBP Dony Setiawan Kapolres Payakumbuh melalui AKP Mirwan Kapolsek Luak saat mendatangi kediaman M pada Rabu (29/4) pagi.

Karena itu, Kapolsek serta sejumlah petugas medis meminta M untuk mengisolasi diri di rumah sakit. M adalah hasil tracking yang dilakukan oleh petugas gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama jajaran Polres Payakumbuh.

Saat dikunjungi oleh petugas, M awalnya menolak untuk dicek kesehatan. Setelah adanya koordinasi antara Kepala Puskesmas, Kapolsek serta Camat Luak, lansung ke kediaman M untuk memberikan pemahaman tentang apa tujuan dari pemeriksaan tersebut.

“Setelah kami berikan pemahaman, barulah M menerima dan mau untuk diperiksa kesehatannya. Awalnya memang sempat menolak,”katanya.

Kanit Binmas Polsek Luak Ipda Aiga Putra mengatakan, untuk sementara, M sedang isolasi mandiri di rumahnya.

“Kamis (30/4) M akan dibawa ke RSUD Achmad Darwis Suliki,” ucapnya.

Untuk saat ini, kata Ipda Aiga Putra, pihaknya bersama tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terus melakukan pemantauan dan menelusuri kontak pasien E di wilayah hukum Polsek Luhak.

“Kami berharap, semua masyarakat mau mematuhi anjuran pemerintah agar tetap dirumah, jaga kebersihan, selalu pakai masker jika keluar rumah untuk urusan yang penting. Terhadap M, semoga nanti hasil testnya negatif. Mari sama-sama kita doakan,”kata Ipda Aiga Putra.

E merupakan pasien pertama positif Corona di Payakumbuh. Pedagang pasar Payakumbuh dinyatakan positif pada pekan lalu. Tak hanya E saja, AL yang merupakan anak kandung E ikut terpapar positif. AL pasien kedua terpapar positif di Payakumbuh. (M-01)