Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

HALOPADANG.ID – Amrizal, resmi menjabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kakanwil Kemenkumham Sumbar) gantikan Haris Sukamto yang mutasi dengan jabatan baru sebagai Direktur Pidana pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum usai bertugas di Sumbar selama 1 tahun 3 bulan.

Tidak hanya Kakanwil, jabatan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) di Kanwil Kemkumham Sumbar tersebut juga berganti yang mana Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumbar kini dijabat oleh Dwinastiti setelah sebelumnya dijabat oleh M. Ali Syeh Banna yang kini dipercaya sebagai Kadivpas Kanwil Kemenkumham Riau usai bertugas selama 3 tahun.

Pisah sambut Kakanwil dan Kadivpas tersebut berlangsung di Hall Kantor Wilayah, Selasa (26/3/2024). Setelah sebelumnya proses sertijab yang dilaksanakan di Graha Pengayoman, Senin (18/3/2024) lalu oleh Menkumham Yasonna H Laoly.

Dalam sambutannya Haris Sukamto menyampaikan sangat senang bertugas di Sumbar.

“Saya sangat senang dapat bertugas di ranah minang ini, selain budayanya yang khas makanannya juga enak dan sangat enak,” ungkap Haris.

Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Teamwork Kanwil Sumbar atas kerjasama selama ini.

“Satu tahun tiga bulan tidak terasa kedekatan kita sebagai satu kesatuan teamwork Kanwil Sumbar, saya sangat berterima kasih atas kerjasamanya, dan saya pamit undur diri. Apabila terdapat perkataan maupun tindakan saya yang tidak pada tempatnya saya mohon maaf,” tuturnya.

Sementara itu, Amrizal yang didampingi sang istri bersyukur atas amanah baru yang diembannya, ia berharap agar apa yang telah didapatkan Kakanwil sebelumnya juga dapat diterima olehnya, sukseskan program nasional hingga daerah menjadi perhatian seriusnya.

“Terima kasih atas sambutan hangat dari Insan Pengayoman Sumbar, saya berharap kita semua dapat bekerjasama yang baik dan melanjutkan program-program nasional dan daerah Sumatera Barat,” kata dia.

“Dan juga saya mohon dukungan kita bersama menjalankan amanah ini, agar tetap solid, mari bersama-sama kita bisa membuat yang terbaik bagi Sumatera Barat,” imbuhnya.

Kemudian, Inspektur Wilayah III, Iwan Santoso menuturkan, Kanwil Sumbar merupakan Kanwil yang memiliki persentase WBK/WBBM tertinggi di Indonesia.

“Untuk kita ketahui bersama, Kanwil Kemenkumham Sumbar merupakan Kantor Wilayah yang memiliki persentase WBK/WBBM tertinggi di Indonesia, oleh karena itu saya mengharapkan kepada Kakanwil yang baru agar melanjutkan perjuangan dari Kakanwil yang lama,” urainya.

Ia menambahkan agar seluruh insan pengayoman Sumatera Barat dapat bekerjasama yang baik dan perlihatkan prestasi demi prestasi yang diraih.

“Raih dan pertahankan prestasi yang dicapai. Tahun ini terdapat 11 satuan kerja yang direkomendasikan meraih predikat WBK/WBBM, saya minta terus semangat dalam bekerja sehingga 11 satker tersebut bisa meraih predikat WBK/WBBM,” pungkasnya.

Pisah sambut tersebut juga dihadiri oleh Inspektur Wilayah III Kemenkumham RI, Iwan Santoso, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi, M. Adnan, ASN Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau, Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah, Kepala Unit Pelaksana Teknis, dan Jajaran Pengayoman Sumbar.(HP-002)