Banjir Hantam Tiga Jorong di Pasbar

banjir
Bupati Pasbar Yulianto didampingi, Ketua TP PKK Sifrowati Yulianto serta Forkopimca setempat meninjau banjir. Humas

HALOPADANG.ID–Di tengah wabah Corona, tiga Jorong,Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dilanda banjir pada Kamis malam (17/4). Musibah banjir tersebut merupakan terparah sepanjang tahun ini.

Banjir diduga berasal dari meluapnya Batang Bayang karena curah hujan tinggi yakni Jorong Lombok, Jorong Irian dan Jorong Koto Sawah yang sama-sama berada di Kecamatan Lembah Melintang. Selain banjir, juga terjadi longsor di Paroman Kampung Guo Kecamatan Gunung Tuleh.

Salah seorang warga Jorong Irian, Yusri saat dikonfirmasi melalui telepon selular mengatakan, banjir yang melanda tiga kejorongan di Nagari Ujung Gading tersebut akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Ujung Gading sekitar selama lebih kurang 6 jam.

Bupati Pasbar Yulianto didampingi oleh Ketua PKK Pasbar Sifrowati Yulianto Jumat (17/4) meninjau lokasi banjir tersebut.

Selain melakukan peninjauan bupati juga memberikan bantuan sandang, pangan berupa beras, mie instan, roti.

“Jorong ini merupakan salah satu langganan banjir dikarenakan ketika curah hujan tinggi dan hujan tidak kunjung berhenti sampai kisaran 6-10 jam kemungkinan aliran Sungai Batang Bayang meluap dan naik sampai masuk kepemukiman masyarakat sekitar,”ujar Yulianto.

Ia mengatakan, musibah yang diterima oleh masyarakat yang dilanda banjir memang berat, karena ada Covid 19 yang melanda dunia.

“Sekarang kita juga mengalami musibah banjir dan tanah longsor suatu cobaan bagi kita semua. Adapun kunjungan kali ini untuk pemberian bantuan banjir dan untuk tanah longsor perbukitan yaitu di kampung guo kecamatan gunung tuleh, Paraman,”kata Yulianto.(J-01)