Tahukah Kamu, Mentawai Sudah Lakukan Physical Distancing Jauh Sebelum Adanya Corona

odp
Physical Distancing

HALOPADANG.ID—Jauh sebelum pemerintah mengimbau untuk physical distancing dalam penanganan corona atau covid-19, pemerintah Kepulauan Mentawai sudah melakukannya. Hal ini terjadi karena geografis kabupaten tersebut yang memiliki banyak pulau dan keterbatasan.

“Jadi di Mentawai itu penduduknya 93 ribu lebih, dengan luas wilayah ada 211,35 kilometer persegi, kalau diilhat kepadatan penduduk rata-rata, 13  per kilometer dan itu sudah masuk physical distancing.”ucap Yudas dalam video conference yang diadakan oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar, Sabtu (11/4).

Yang lain menurut Yudas adalah, kemampuan Pemkab Mentawai, yang diketahui satu satunya daerah yang serba minim, baik dari tenaga kesehatan atau pun komunikasinya, walaupun sudah memenuhi persyaratan dan lainnya.

Baca Juga :  Raih DAK Senilai Rp10 Miliar, Solok Bakal Punya Perpustakaan Daerah

“Dan bagaimana mengatasi ini, caranya dengan membatasi orang dari luar. Seperti contoh ada satu orang PDP itu pun dara Jakarta semua kategori ODP sendiri dari luar Mentawa seperti dari Jakarta, Semarang dan Surabaya, kalau kami di sini sudah physical distancing. Dengan memadukan dua komponen (geografis, dan jumlah penduduk) itu , kami membatasi orang, hanya orang kita batasi, untuk perdagangan sembako tetap berjalan seperti biasa,” ucapnya. (R-01)