Lebihi Target, Seratusan Jurnalis di Padang Siap Untuk Divaksin

  • Bagikan
Lebihi Target, Seratusan Jurnalis di Padang Siap Untuk Divaksin 1

HALOPADANG.ID — Seratusan wartawan dan pekerja media di Padang siap disuntik vaksin covid-19, Rabu besok pukul 07.30 Wib di Aula Kantor Gubernur Sumbar. Antusias pekerja pers divaksin covid-19 di Sumbar sudah terbaca saat pendaftaran lewat listing diberbagai group whatsapp berisi kalangan pers.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Barat, John Nedy Kambang menyebutkan, ada sekitar 150 orang lebih yang telah mendaftarkan diri melalui platform Media Sosial yang dibuat IJTI untuk menampung peminat.

“Saya kaget sekaligus terharu, karena dari awal kita perkirakan hanya sekitar 40-50 orang. Tapi faktanya, peminat vaksinasi melonjak jauh di atas perkiraan. Sampai hari ini kita sudah mendata lebih 150 orang. Artinya apa kesadaran untuk ikut menangkal virus di kalangan jurnalis samgat tinggi. Satu lagi bukti bahwa kami pers yang tak terpapar sedikit pun cerita hoaks tentang vaksin covid-19,,”ujar John, Selasa 9/3-2021 kepada media di Padang.

Menurut John, para peminat yang ingin mendapat vaksinasi tersebut bukan hanya berasal dari media televisi saja, melainkan juga dari media cetak, online dan radio.

Jurnalis CNN Indonesia TV itu mengatakan, vaksinasi masal dilakukan, setelah melihat beberapa jurnalis yang ikut vaksinasi bersama organisasi atau instansi lain secara sendiri-sendiri. Sebagai salah satu organisasi profesi wartawan, IJTI berupaya mengkoodinasi dan mengkondisikan agar vaksinasi massal ini dilakukan.

“Kan alangkah bagusnya kalau kita lakukan secara massa sekalian. Lalu kita bicarakan dengan Bu Kadis Kesehatan Kota Padang, yang kemudian memberi respon positif. Yang punya vaksin Dinkes, maka kita cari lokasi sekaligus mendata kawan-kawan yang ingin vaksin,” kata John.

Ini semua kata John Kambang kerja kolaboratif. Mungkin yang terlihat maju ke depan adalah IJTI.

“Tapi sesungguhnya ini adalah kerja bersama dengan kawan-kawan dari organisasi profesi lainnya,” ujar Jhon.

Organisasi yang dimaksud John antara lain adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO), selain organisasi pemilik media seperti AMSI, SMSI dan JMSI.

  • Bagikan