Ratusan Personil Batalyon 131/BS-Payakumbuh Diberangkatkan ke Papua

  • Bagikan
Ratusan Personil Batalyon 131/BS-Payakumbuh Diberangkatkan ke Papua 1

HALOPADANG.ID – Komandan Batalyon (Danyon) 131/Brajasakti, Letkol Inf M.Erfani mengatakan, sebanyak 450 prajuritnya diterjunkan ke Papua melalui pelayaran laut. Mereka akan menjalankan misi pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini di Jayapura, Papua dan akan dilepas oleh Pangdam Bukit Barisan 5 Februari 2021 mendatang.

Menurut Erfani, pihaknya memberangkatkan dua pertiga kekuatan Batalyon 131 untuk tugas negara ini dan menyisakan dua kompi saja di markas. Mereka dilepas oleh Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz dalam sebuah upacara, Senin (1/2/2021).

“Upacara ini merupakan tradisi untuk melepas satgas. Mereka berpamitan, di mana 4 Februari 2021 akan berangkat ke pelabuhan, pada tanggal 5 dilepas oleh Pangdam dan pada tanggal 7 mereka memulai pelayaran ke daerah penugasan. Kami juga menyampaikan terima kasih atas supportnya, baik itu dari Pemko Payakumbuh maupun Pemkab Limapuluh Kota dalam tahap kesiapan ini. Hal ini jelas bermanfaat bagi kami dalam melaksanakan tugas negara di perbatasan,”katanya.

Selain itu, Erfani menyebut melepas satgas ini hanyalah tradisi. Menariknya, kepada pasukan yang diterjunkan ke Papua ini, bantuan sarana dan prasarana yang dititipkan kepada pasukan yang berangkat sebagai tali asih dengan warga Papua. Hal ini jelas sangat diapresiasi.

“Kepada Forkopimda, kami menitipkan keluarga dan anggota yang ditinggalkan,”kata Pamen TNI AD ini.

Dalam upacara Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara Batalyon Infanteri 131/Brajasakti TA 2021 yang digelar di markas Batalyon 131/Brs itu, turut hadir Danyon 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani, Kapolres AKBP Alex Prawira, Kapolres Limapuluh Kota diwakili Wakapolres AKBP Efrizal, Dandim 0306/50 Kota Diwakili Kasdim Mayor Inf. M. Sianturi, bupati diwakili Asisten Setdakab Dedi Permana dan pejabat lainnya.

Pada kesempatan itu, Wawako Erwin Yunaz menyampaikan, dirinya merasa bangga dan bahagia kepada prajurit yang rela meninggalkan semuanya demi negara. Meski berbeda seragam, namun Erwin ingin hadir bersama-sama mengamankan negara, dengan tugas berbeda.

“Kita berikan dukungan sepenuhnya untuk prajurit tercinta. Juga doa agar mereka diberi kekuatan dan kesehatan mengamankan negeri yang luas ini,” ujarnya. (HP-001)

  • Bagikan