Usai Andre Bantu Masakan Padang, Warga Bantu Korban Gempa Sulbar Ratusan Kilogram Rendang

  • Bagikan
Usai Andre Bantu Masakan Padang, Warga Bantu Korban Gempa Sulbar Ratusan Kilogram Rendang 1
Bantuan berupa rendang menjadi andalan Sumbar membantu daerah lain yang dilanda bencana. Foto ini merupakan dokumen tahun 2018 saat Wagub Nasrul Abit menyerahkan bantuan rendang ke Sulawesi Tengah yang dilanda gempa

HALOPADANG — Awal pekan ini, Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade membantu korban gempa di Sulawesi Barat dengan bantuan masakan Padang. Kini, respons bantuan datang dari sejumlah komponen masyarakat Sumatera Barat. Berbagai kelompok usaha mendonasikan ratusan kilogram rendang untuk korban gempa Sulawesi Barat.

Bantuan tersebut dikirim ke lokasi bencana melalui pesawat TNI AU dari BIM menuju Lanud Hasanuddin Makassar pada hari Rabu (27/1/2021). Menurut panitia donasi, Hartiningsih, total rendag yang mereka kirim mencapai 340 Kg. Semuanya, dikemas dalam 4 ribu paket yang dikemas dalam tempo 3 hari saja. Dalam catatannya, rendang sebanyak itu bisa diperuntukkan bagi 1.360 kepala keluarga.

“Ini kita berangkatkan lebih dulu agar para korban bencana mendapatkan bantuan maksimal,” katanya dikutip dari rilis Kominfo Kota Padang.

Dari pihak provinsi, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur menyebut mereka masih mengumpulkan bantuan yang akan diperuntukkan bagi korban banyak bencana yang terjadi di Indonesia. Tak hanya korban gempa di Sulawesi Barat, korban banjir di Kalimantan Selatan juga jadi sasaran.

Bantuan makanan khas Minangkabau berupa rendang itu sepertinya sudah menjadi tradisi dari warga dan pemerintah di daerah ini untuk membantu korban bencana di Indonesia. Tahun 2018 silam, saat gempa melanda Sulawesi Tengah, hal serupa langsung dikirim oleh Wagub Nasrul Abit. Jumlahnya mencapai 1.8 ton.

Lalu, tahun yang sama, Sumbar juga membantu korban gempa dan tsunami di Lampung. Jumlahnya mencapai 1.3 ton dan hal serupa juga berlanjut di Bengkulu yang dilanda banjir tahun 2019. Jumlahnya mencapai 1.038 ton. (HP-001)

  • Bagikan