Tahun Baru 1442 Hijriah, Nasrul Abit : Muhasabah Diri Harusnya Setiap Hari

HALOPADANG.ID-Pergantian tahun adalah ajang untuk menakar diri, merenungi kesalahan, serta memperbaharui niat agar menjadi insan yang lebih baik ke depan. Terlebih bagi seorang muslim, muhasabah diri jadi keharusan untuk sesering mungkin dilakukan.

Penekanan itu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit Datuak Malintang Panai (NA), saat memperingati Tahun Baru Islam 1442 Hijriah bersama warga jemaah Masjid Al Munawwarah Pilakuik, Kelurahan Gunuang Sariak, Kuranji Kota Padang, Minggu (23/08/2020).

“Pergantian tahun adalah ajang bagi kita untuk menghisab diri sendiri. Melihat apa yang kita lakukan sejauh ini. Sudah sesuaikah aktivitas duniawi kita dengan tuntunan agama. Sudahkah aktivitas duniawi kita menjadi bekal yang baik bagi untuk menempuh kehidupan ukhrawi. Kehidupan yang selanjutnya,” ucap NA dalam sambutannya.

Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga hari ini, NA menilai ujian wabah dapat dimaknai sebagai teguran dari Allah SWT atas segala kelalaian yang pernah dilakukan sebagai hamba. Sehingga, itikad memohon ampunan atas segala dosa hendaknya tak mengenal waktu dan tempat, tetapi telah menjadi kebiasaan dari waktu ke waktu.

“Berdoa kita dengan sungguh-sungguh. Memohon ampun kepada Allah atas segala kekhilafan dan dosa yang kita perbuat. Berdoa kita agar wabah ini lekas diangkat. Sebab, tanpa kuasa Allah, segalanya tidak akan berarti apa-apa. Selain terus berusaha memutus mata rantai penularan Covid-19 ini dengan menerapkan protokol kesehatan, doa juga senantiasa harus kita panjatkan,” ucap NA lagi.

Selain itu, NA mengajak jemaah Masjid Al Munawwarah untuk selalu memanjatkan rasa syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala kesempatan dan nikmat yang masih dibingkiskan meski di tengah adaptasi kebiasaan baru yang serba terbatas.

“Kita beruntung masih bisa bekerja, menghasilkan, meski di tengah masa pandemi ini. Salah satu cara bersyukur itu adalah dengan menerapkan protokol kesehatan, sebagaimana ulil amri memberi arahan. Mematuhi ajakan ulil amri atau pemerintah, sama halnya dengan menaati perintah Allah. Itu perlu kita ingat,” ujar NA

Turut hadir mendampingi Wagub dalam kesempatan itu, anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, Ketua Dewan Masjid Kota Padang H. Maigus Nasir, tokoh masyarakat Kuranji Irwan Baasyir, serta puluhan anak yatim dan jemaah Masjid Al Munawwarah.