Nagari Kuranji Hulu Padang Pariaman dipilih jadi Nagari Tageh Rumah Gadang dalam Hadapi COVID-19

  • Bagikan
Nagari Kuranji Hulu Padang Pariaman dipilih jadi Nagari Tageh Rumah Gadang dalam Hadapi COVID-19 1
Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana memukul tambue saat pengukuhan Nagari Kuranji Hulu sebagai Nagari Tageh Rumah Gadang, di Sungai Geringging.

HALOPADANG.ID —  Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat dipilih menjadi Nagari Tageh Rumah Gadang karena dinilai memenuhi kriteria yang ditatapkan.

“Ini dalam rangka ketahanan dalam menghadapi COVID-19 yang sekarang mewabah,” kata Kapolres Pariaman, AKBP Deny Rendra Laksmana saat pengukuhan Nagari Kuranji Hulu sebagai Nagari Tageh Rumah Gadang di Sungai Geringging, Jumat (14/8/2020)

Ia menyebutkan adapun kriteria yang diterapkan yaitu ketahanan di bidang kesehatan, sosial, pangan, dan keamanan.

Dalam kriteria tersebut, lanjutnya nagari juga harus memiliki sejumlah fasilitas mulai dari pos kamling, pemeriksaan kesehatan, dan lokasi isolasi bagi perantau yang pulang kampung.

Ia menyampaikan pihaknya telah mengerahkan personelnya untuk memantau nagari-nagari yang siap dengan empat kriteria tersebut.

Pihaknya menyebutkan saat ini di lingkungan Polres Pariaman telah terdapat dua desa dan nagari tangguh yaitu di Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman dan Nagari Kuranji Hulu.

Kapolsek Sungai Geringging, Iptu Anazrul mengatakan dasar dijadikan Kuranji Hulu sebagai Nagari Tageh Rumah Gadang karena sebelumnya seorang warga di daerah itu pernah dinyatakan positif COVID-19.

Meskipun warga tersebut telah dinyatakan sembuh, namun diharapkan dengan adanya Nagari Tageh maka tidak ada warga yang positif COVID-19 di daerah itu.

Sementara Camat Sungai Geringging Kecil, Ardinata mengatakan Nagari Tageh Rumah Gadang tesebut yaitu untuk pencegahan penyebaran COVID-19 yang dalam pelaksanaannya dilibatkan seluruh lapisan masyarakat dan instansi.

Ia berharap dengan adanya Nagari Tageh Rumah Gadang maka dapat meminimalisir penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Sejalan dengan itu Wali Nagari Kuranji Hulu, Maswardi mengetakan pihaknya telah berupaya untuk meminimlisir penyebaran COVID-19 di nagari.

Selain itu juga telah membagikan bibit janggung agar ketika tanaman padi terjadi permasalahan maka jagung bisa menjadi altenatif makanan warga.

Lalu nagari itu juga terdapat pos yang dilengkapi dengan tv yang tujuannya untuk menjaga nagari dari tindakan kriminal serta TV dapat menjadi media belajar.

“TV ini sumbangan dari perantau yang peduli dengan perkembangan Nagari Kuranji Hulu,” tambahnya.(002/Antara)

  • Bagikan