India Melesat ke Peringkat Empat Negara Kematian Tertinggi akibat Corona

Ilustrasi

HALOPADANG.ID — Total kematian akibat virus corona (COVID-19) di India telah melampaui 48 ribu orang. Angka ini tercatat sebagai total kematian tertinggi keempat di dunia, menggeser Inggris.

Seperti dilansir Associated Press dan CNN, Jumat (14/8/2020), Kementerian Kesehatan India melaporkan 1.007 kematian akibat Corona dalam 24 jam terakhir. Dengan tambahan itu, total kematian akibat Corona di India kini mencapai 48.040 orang.

Angka tersebut tercatat sebagai total kematian tertinggi keempat di dunia, setelah Amerika Serikat (AS), Brasil dan Meksiko.

Dengan angka tersebut, India menggeser Inggris sebagai negara dengan total kematian tertinggi keempat di dunia. Saat ini, Inggris mencatat 46.791 kematian akibat Corona di wilayahnya.

Kementerian Kesehatan India melaporkan lonjakan 64.553 kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Dengan lonjakan itu, total kasus Corona di wilayah India kini mencapai 2.461.190 kasus.

Angka itu tercatat sebagai total kasus Corona terbanyak ketiga di dunia, setelah AS dan Brasil.

Lebih dari 70 persen pasien Corona di India telah sembuh. Data penghitungan terbaru Johns Hopkins University (JHU) menunjukkan 1.751.555 pasien Corona di India telah sembuh. Lebih dari 661.595 kasus Corona lainnya di India masih berstatus aktif, atau masih menjalani perawatan medis atau isolasi.

Tambahan kasus harian di India tercatat berkisar pada angka 15 ribu kasus pada pekan pertama bulan Juli, sebelum melonjak ke lebih dari 50 ribu kasus dalam pekan pertama bulan Agustus. Kementerian Kesehatan India mengungkapkan bahwa sejauh ini, lebih dari 26 juta tes Corona telah dilakukan di negara tersebut.

Disebutkan juga bahwa lebih dari 800 ribu tes Corona dilakukan dalam sehari di India. Para pakar kesehatan India menyatakan bahwa jumlah tes harus ditingkatkan, mengingat populasi India mencapai 1,4 miliar jiwa.