Waspada, Gelombang Laut di Perairan Sumbar Nyaris Dekati 4 Meter

ilustrasi

HALOPADANG,ID — BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Stasiun Maritim, Teluk Bayur merilis kondisi gelombang perairan di beberapa wilayah di daerah ini untuk Rabu (5/8/2020), mulai pagi pukul 07.00 WIB.

Prakirawan BMKG Stasiun Maritim, Teluk Bayur Budi Iman Samiaji dalam rilisnya tinggi gelombang yang mesti diwaspadai ada di perairan Selatan Sumbar yang berbatasan dengan Bengkulu.Tinggi gelombangnya nyaris mendekati 4 Meter.

“Waspadai potensi gelombang dengan tinggi kisaran 3 hingga 3.75 dapat terjadi di peraitan Mentawai hingga Barat Bengkulu,”katanya.

Di sisi lain, Ia juga menyebut ada potensi gelombang dengan tinggi 0.50 – 1.50 meter di daerah Perairan Pesisir Barat Kabupaten Pasaman Barat hingga Pesisir Barat Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain merilis tentang potensi gelombang, Budi juga menyebutkan prakiraan Pasang Surut. Mereka memprediksi terjadinya pasang dengan ketinggian 1.0 meter pukul 19.00 WIB hari ini, dan surut sekitar 0.2 meter sekitar pukul 01.00 WIB pada Rabu (5/8/2020).

“Jadi para nelayan hendaknya tetap waspada saat melaut,”ujarnya. (HP-001/rilis)