Presiden Iran Prediksi 25 Juta Warganya Positif Corona

HALOPADANG.ID — Presiden Iran Hassan Rouhani memperkirakan sebanyak 25 juta orang warganya bisa saja terinfeksi Corona (COVID-19) sejak awal wabah. Dia mengingatkan masyarakat untuk memandang serius pandemi Corona.

Seperti dilansir Associated Press yang mengutip kantor berita IRNA, Sabtu (18/7/2020), Rouhani mengutip sebuah studi baru Kementerian Kesehatan Iran dalam memperkirakan perhitungan jumlah infeksi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pejabat Iran belum menjelaskan apa yang menjadi dasar estimasi laporan dan studi yang belum dipublikasikan ini.

Rouhani menambahkan, dirinya yakin 30-35 juta orang lainnya bisa terinfeksi dalam beberapa bulan mendatang, lagi-lagi tanpa mengutip dasar perkiraannya. Diketahui populasi Iran sekitar 81 juta orang.

“Perkiraan kami adalah bahwa sampai sekarang, 25 juta orang Iran telah terinfeksi virus ini,” kata Rouhani dalam pertemuan yang disiarkan televisi dari gugus tugas penanggulangan virus negara itu seperti dilansir AFP.

“Kami harus mempertimbangkan kemungkinan bahwa 30 hingga 35 juta lebih mungkin menghadapi infeksi,” tambahnya, mengutip hasil penelitian oleh kementerian kesehatan.

Iran jadi salah satu negara Timur Tengah yang cukup parah dihantam wabah. Dilaporkan lebih dari 270.000 kasus dikonfirmasi dan setidaknya 13.979 kematian.