Menikmati Eksotisme Alam Danau Talang di Tengah Kejenuhan Era Corona

Danau Talang di Kabupaten Solok

HALOPADANG.ID — Danau Talang, danau ini kurang begitu familiar di sebagian wisatawan baik domestik maupun manca negara. Danau yang berada di Kabupaten Solok ini kalah pamor dibanding danau kembar, apalagi danau singkarak yang sudah mendunia. Meski begitu, sebenarnya tersimpan potensi pariwisata besar danau Talang jika dikelola lebih baik.

Menuju kawasan danau Talang yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Padang, sensasi hawa dingin akan terasa karena melewati dataran tinggi yang dikelilingi rimbunnya pohon dan perkebunan.

Melewati Nagari Aia Batumbuk, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau hamparan kebun teh yang terlihat sejauh mata memandang. Suasana siang hari yang cerah tetap membuat kita akan merapatkan jaket menuju lokasi tersebut karena dinginnya udara.

Ada banyak lokasi di Danau Talang sebagai tempat berkemah

Menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor sekitar dua jam dari Nagari Koto Baru atau satu jam setengah dari kawasan Arosuka, kita akan tiba di kawasan perkebunan sayur, Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, menuju Danau Talang.

Hamparan perkebunan sayur seperti seledri, daun bawang, dan kubis, terlihat sepanjang jalan menuju danau tersebut yang bersebelahan dengan Danau Di bawah.

Jalanan menanjak dan menurun dengan hamparan perbukitan hijau perkebunan sayur menjadi sensasi tersendiri yang dilewati sepanjang perjalanan mulai dari masuk Simpang Tanjung Nan Ampek, melewati Polsek Danau Kembar.

Rute jalanan yang menanjak dan menurun cukup terjal menjadi rute yang menantang jika anda lewati dengan bersepeda. Telah banyak juga komunitas sepeda yang mengunjungi kawasan ini untuk menguji adrenalin.

Ada dua alternatif jalan menuju Danau Talang, yaitu melalui Nagari Alahan Panjang atau via Nagari Bukik Sileh jika dari Kota Solok. Tetapi jalan dari Bukik Sileh jalannya lebih kecil dan banyak yang berlubang.

Pemandangan Danau Talang memanjakan mata dengan pepohonan rindang di sekeliling danau. Airnya yang begitu hijau pekat sangat kontras dengan langit yang membiru.

Danau Talang merupakan salah satu dari lima danau yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Solok yang terus dipromosikan, selain Danau Singkarak, Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Tuo. Danau Talang merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari salah satu kawah Gunung Talang.

Ada beberapa lokasi foto menarik yang telah disiapkan pengelola agar pengunjung semakin menikmati danau tersebut. Tampak batang kayu yang cukup besar diletakkan di beberapa sudut ke arah danau untuk pengunjung yang ingin berswafoto.

Selain pemandangan danau, pihak pengelola menyediakan kapal bagi pengunjung yang ingin berkeliling melihat Danau Talang dari dekat.

Bagi yang suka melakukan kegiatan berkemah bisa membawa tenda dan perlengkapan masak dan merasakan rasa bermalam di Danau Talang.

Selamat Menikmati wisata alam di Danau Talang.