Astra Beri Bantuan Ventilator untuk Dua Rumah Sakit di Sumbar

astra
Koordinator Wilayah Grup Astra Sumbar, Firyandi menyerahkan secara simmbolis bantuan berupa dua unit ventilator kepada Gubernur Sumbar,, Irwan Prayitno di Aula Kantor Gubernur, Kamis (18/6).

HALOPADANG.ID–Sebagai bentuk dukungann terhadap usaha penanggulangan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat, Astra menyalurkan bantuan berupa dua unit ventilator untuk Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi dan RSUD dr. Rasidin Padang. Bantuan tersebut diterima secara simbolis oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Aula Kantor Gubernur, Kamis (18//6).

Koordinator Wilayah Grup Astra Sumbar, Firyandi mengungkapkan bahwa dua ventilator yang diserahkan hari ini merupakan bagian dari bantuan 30 unit ventilator yang sedang dan akan di salurkan di RS-RS rujukan Covid-19 di Indonesia. Selain ventilator, Astra juga telah menyalurkan ribuan paket sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19.

“Sejak 1957, Astra senantiasa berusaha mewujudkan cita-cita untuk sejahtera bersama masyarakat. Astra terus berkomitmen untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia melalui program kontribusi berkelanjutan,” katanya.

Ia berharap, melalui bantuan ventilator ini, pihak rumah sakit dan tenaga kesehatan dapat meningkatkan kapasitas penanganan pasien dan mampu mempercepat pemulihan pasien Covid-19.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyatakan apresiasi dan terima kasih atas bantuan dua unit ventilator tersebut. Ia menyebut, ketersedian ventilator di RS rujukan di Sumbar saat ini adalah sebanyak 42 unit, ditambah dua unit menjadi total 44 unit. Menurutnya, jumlah tersebut sudah mencukupi untuk menangani pasien Covid-19.

“Kalau dibilang cukup, ya cukup. Tetapi belum maksimal. Karena kalau maksimal itu harus satu pasien satu ventilator. Sedangkan saat ini satu unit ventilator diperuntukkan bagi dua pasien, atau dipakai secara bergantian. Nah, karena ventilator diprioritaskan untuk pasien kategori berat, sedangkan jumlah pasien kategori berat di Sumbar tidak seberapa, maka untuk sementara jumlah tersebut sudah mencukupi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD dr. Rasidin Padang, Herlin Sridiani menuturkan, saat ini ketersedian ventilator di RSUD dr. Rasidin Padang berjumlah sebanyak lima unit.

“Kalau kebutuhan, untuk sekarang bisa dibilang cukup. Tapi, Alhamdulillah, ada bantuan satu unit lagi dari Astra. Setidaknya ini bisa untuk jaga-jaga sekiranya nanti dibutuhkan,” katanya.

Ia menyebut, saat ini yang paling dibutuhkan oleh pihaknya adalah Alat Perlindungan Diri (APD) level tiga. Menurutnya, jumlah APD level tiga yang dimiliki RSUD dr. Rasidin sudah sangat terbatas. (Q-03)