Covid Belum Usai, Indonesia Dihadapkan dengan Perkembangan Cacar Monyet Global

HALOPADANG.ID – Perkembangan Covid di Indonesia memang tak setinggi tahun sebelumnya. Hanya saja, sebelum pandemi ini pupus 100 persen, negeri ini kembali dihadapkan dengan serangan wabah secara global yang sudah masuk kategori darurat global, yakni cacar monyet.

Hal ini membuat Indonesia waspada. Menurut Menteri Kesehatan, Budi Gunadpi Sadikin vaksin cacar masih efektif memberikan perlindungan terhadap penerima manfaat dari risiko penularan penyakit cacar monyet.

Ketua BPOM, Penny K Lukito menyebut tidak menutup kemungkinan izin cacar monyet atau monkeypox bisa diberikan. Terutama, bila ada industri farmasi yang mendaftarkan vaksin monkeypox.

“Jika ada industri farmasi yang akan mendaftarkan tentu BPOM terbuka untuk mengevaluasi dalam rangka memberikan izin edar penggunaannya,” ujar Penny saat dikonfirmasi, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga :  Solok Selatan Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Ginjal Sedunia Wilayah Sumbar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membenarkan seorang warga di Jawa Tengah (Jateng) yang dikategorikan sebagai suspek (dugaan) cacar monyet. Saat ini, pasien sedang menjalani perawatan di salah satu RS Swasta di Jateng.

“Seorang laki-laki usia 55 tahun dan bukan PPLN, suspek Monkeypox dan saat ini dirawat isolasi di RS Swasta untuk perawatan dan untuk pemeriksaan lanjut untuk memastikan cacar monyet atau bukan,” ujar Juru Bicara Kemenkes, Mohamamad Syahril saat dikonfirmasi, Rabu (3/8/2022).

Selanjutnya, sambung Syahril, pasien tersebut akan menjalani tes usap polymerase chain reaction (PCR) guna memastikan cacar monyet atau bukan. “Karena bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain bukan monkeypox. Tunggu saja, ya,” kata Syahril.

Baca Juga :  Solok Selatan Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Ginjal Sedunia Wilayah Sumbar

Pasien suspek cacar monyet tersebut kini masih dalam pengecekan oleh Tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes ke Dinas Kesehatan Jateng terkait perawatannya. Diketahui, sampai saat ini, belum terdapat kasus konfirmasi infeksi cacar monyet di Indonesia. Namun, pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat harus tetap waspada.