Ada Laga Persija Saat Grand Launching JIS Minggu Mendatang. Apa Aja Kegiatan Lainnya?

HALOPADANG.ID – Keren nich, Grand launching Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara bakal digelar pada Minggu (24/7/2022) mendatang. Sejumlah rangkaian kegiatan akan dihelat untuk memeriahkan peresmiannya, bahkan memakan waktu beberapa hari.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyiapkan pertandingan sepak bola hingga berbagai acara hiburan direncanakan bakal memeriahkan acara grand launching stadion yang berdiri megah di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dirut Jakpro, Widi Amanasto mengatakan grand launching JIS akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022 nanti dengan dimeriahkan berbagai acara.

“Acaranya macem-macem, ada pertandingan sepak bola, ada sport dan entertainment. Udah itu aja sportainment,” kata Widi, Selasa (28/6/2022).

Tidak hanya itu, rencananya juga akan ada konser yang akan memeriahkan peresmian stadion yang berkapasitas 82.000 penonton tersebut seperti ketika malam puncak Jakarta Hajatan.

“Hahaha (undang artis internasional) jangan dulu deh, nanti aja,” sambung Widi.

Rencananya acara peresmian stadion bertaraf internasional tersebut akan berlangsung selama beberapa hari. Hanya saja belum diketahui pasti kapan peresmian itu bakal dilaksanakan.

Stadion berstandar internasional itu akhirnya diresmikan diiringi dengan tampilnya Persija, setelah ditunda pada 25 Juni silam.

“Macam-macam ya, rencana tanggal 24 Juli 2022 (grand launching JIS)”, ucap Riza di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (17/7/2022) malam.

Baca Juga :  Andre Rosiade: Dukung Semen Padang FC dengan Beli Jersey Original, Kurangi Cimeeh

“Tentu ada permainan Persija ya,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, grand launching JIS diagendakan secara bersamaan saat malam puncak Jakarta Hajatan pada Sabtu (25/6/2022). Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatalkannya, karena ingin memastikan peresmian JIS bisa memperlihatkan kemegahannya sebagai stadion berstandar internasional.

Sementara itu, malam puncak Jakarta Hajatan HUT ke-495 Jakarta yang digelar di JIS, Sabtu (25/6/2022), dianggap tidak bisa menunjukkan fasilitas dari stadion.

JIS merupakan stadion bertaraf internasional yang berdiri di atas lahan lebih kurang 23 hektar dengan kapasitas mencapai 82.000 tempat duduk. JIS dirancang sebagai stadion sportainment dengan sertifikasi FIFA dan Green Building Level Platinum.

Selain digunakan untuk pertandingan sepakbola, tersedia pula fasilitas dan fitur stadion untuk mendukung penyelenggaraan pertunjukan musik dan kegiatan hiburan kelas dunia.

Hal tersebut didukung dengan adanya sound system dan lighting dengan kualitas sangat baik. Lebih lanjut, terdapat sky view deck yang bisa digunakan untuk joging sampai climbing.

Kemudian, ada corporate box atau boks korporat sebanyak 26 unit pada lantai lima, dan 26 unit pada lantai enam di Tribun Barat serta Tribun Timur.

Baca Juga :  Andre Rosiade: Dukung Semen Padang FC dengan Beli Jersey Original, Kurangi Cimeeh

Boks korporat pada lantai lima punya keunggulan dari segi ukuran balkon yang lebih lebar. Nantinya setiap korporasi bisa menyewa corporate box dan mereka bisa menonton apa pun event yang berlangsung di JIS.

Jakpro ungkap besaran depresiasi JIS
Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (JakPro) menjelaskan tentang pemakaian stadion Jakarta International Stadium (JIS) dengan Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Gedung DPRD Provinsi DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2022).

Rapat yang diadakan oleh Komisi E DPRD DKI Jakarta, dihadiri oleh Direktur Utama PT JakPro Widi Amanasto, Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakpro Gunung Kartiko dan bersama dengan jajaran lainnya serta dinas yang terkait .

“Di tahun 2019, JakPro ke depan harus membuat konsep rekreasional, yang akan kami bangun yang menjadi anak perusahaan,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis Jakpro Gunung Kartiko saat menjelaskan tentang penggunaan JIS.

Dirinya menjelaskan bahwa depresiasi yang dimiliki cukup besar dan biaya operasional yang cukup besar, yaitu lebih dari Rp 200 miliar per tahun.

Paling besar adalah depresiasinya, yaitu Rp 150 miliar.

Di dunia bisnis, pengertian depresiasi adalah suatu akibat dari konsumsi biaya aktiva sehingga mengalami penurunan nilai dari suatu aset

Baca Juga :  Andre Rosiade: Dukung Semen Padang FC dengan Beli Jersey Original, Kurangi Cimeeh

“Itu yang bisa dibahas dari mana perhitungan revenue untuk menutup tersebut. Stadion utama dan tempat latihan secara bisnis akan kami kelola secara khusus bagaimana bisa menutup secara operasional dalam sehari maupun biaya sewa lainnya,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa menurut survey dan peluang JIS dari konsultan, ada beberapa opportunity seperti broadcast dari olahraga hingga entertainment.

Kemudian spectator experience, commercial inventory dan development yang lainnya.

“Ini adalah survey yang kami lakukan pada tahun 2019. Kemudian terdapat pengembangan target revenue yang bisa kami dapatkan, seperti dari communities, governance, finance dan vendor,” tuturnya.

Kemudian Komisi E DPRD DKI Jakarta dihadiri oleh Ketua Komisi E DPRD Iman Satria, Wakil Ketua Komisi E DPRD Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Sekretaris Komisi E DPRD Johnny Simanjuntak, Anggota Komisi E DPRD Fraksi PDI Perjuangan Wa Ode Herlina, Anggota Komisi E DPRD Fraksi PDI Perjuangan Merry Hotma, Anggota Komisi E DPRD Fraksi Golkar Basri Baco, Anggota Komisi E DPRD Fraksi PKB Sutikno, Anggota Komisi E DPRD Fraksi PKS Abdul Aziz, Anggota Komisi E DPRD Fraksi Gerindra Yudha Permana, Anggota Komisi E DPRD Fraksi PKS Muhammad Thamrin.