Prabowo Bertemu Presiden FIFA, Andre Rosiade: Terus Majukan Sepakbola Indonesia

HALOPADANG.ID – Penasihat Tim Semen Padang FC H Andre Rosiade mengapresiasi pertemuan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Dipastikan, pertemuan itu untuk mendiskusikan kemajuan sepakbola di Indonesia, baik tim nasional ataupun klub-klub di seluruh tingkatan liga di Indonesia.

“Kita tahu, bagaimana pak Prabowo mencintai olahraga sepakbola sejak lama. Dia selalu memperhatikan dan mengikuti Timnas dari berbagai usia. Juga klun-klub di liga. Bagaimana beliau mendukung berbagai tingkat usia atlet sepakbola Indonesia. Jadi, kita lihat saja apa yang akan dilakukan setelah pertemuan ini,” kata Andre Rosiade yang juga anggota DPR RI asal Sumbar, Senin (29/7/2024).

Andre Rosiade meyakini, Prabowo adalah orang yang menyukai dan ingin sepakbola Indonesia maju. Menteri Pertahana RI itu bertekad mendorong sepakbola Indonesia semakin berprestasi lagi ke depannya. Saat ini, sepakbola Indonesia dianggap sudah berada di jalur yang tepat dan bisa bersaing dengan tim-tim kuat di Asia. Salah satunya, masih terus berkompetisi dalam putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

“Kita memang gagal ke Olimpiade Paris yang sedang berlangsung setelah kalah di kualifikasi terakhir. Tapi Piala Dunia 2026 masih di rel yang tepat. Insya Allah, dengan dukungan maksimal semua pihak, termasuk pemerintah dan Presiden Prabowo nantinya, Indonesia akan membuka peluangnya lebih besar lagi,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Intinya, kata Andre Rosiade, pertemuan Prabowo dengan Presiden FIFA didampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir adalah untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Dukungan dari FIFA juga akan terus datang dengan berbagai bentuk. “Kita tahu, beberapa waktu lalu FIFA bahkan susah mengucurkan bantuan untuk pengembangan sepakbola Indonesia. Setelah pertemuan ini, tentu akan ada lagi kerja sama yang bisa dilakukan antara FIFA dan PSSI,” kata anggota Komisi VI DPR.

Diketahui, perjumpaan Prabowo dengan Gianni Infantino itu berlangsung di Kantor FIFA di Paris, Prancis. Prabowo Subianto turut didampingi Menteri BUMN sekaligus Ketum PSSI, Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo. Gianni menyambut hangat pertemuannya dengan tokoh-tokoh dari Indonesia itu. Gianni turut menyebut kalau sepakbola Indonesia kini dalam kemajuan yang fantastis.

“Kami membahas hubungan kerja sama FIFA dengan Indonesia dan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), serta kemajuan fantastis yang telah dicapai oleh Indonesia akhir-akhir ini. Kami juga membahas tentang peningkatan popularitas sepakbola di kalangan pemuda,” ujar Gianni.

Indonesia sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Timnasnya pun sudah mulai berbicara di panggung Piala Asia, Piala Asia U-23, serta di Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang sukses menembus ronde ketiga. Lebih dari itu, FIFA pun sudah punya kantor di Indonesia, tepatnya di Jakarta. FIFA dan PSSI sudah menandatangani nota kesepahaman. Salah satu isinya adalah soal meningkatkan keselamatan dan keamanan stadion sebagai pilar utama transformasi sepakbola Indonesia. (HP-002)