Dunia  

Sempat Gagal, Presiden Gotabaya Rajapaksa Tinggalkan Sri Langka Menuju Maladewa

HALOPADANG.ID – Kisruh di Sri Lanka memicu upaya presiden di negara tersebut mengambil ancang-ancang meninggalkan negerinya. Akhirnya, upaya ini sukses ketika Presiden Gotabaya Rajapaksa kabur menuju Maladewa, Selasa malam, 12 Juli 2022 menggunakan pesawat Angkatan Udara Sri Lanka.

Demikian dilaporkan Associated Press. Upaya ini sebelumnya sempat gagal pada Selasa siang. Presiden bersama keluarganya mencoba kabur. Namun petugas imigrasi Bandara Kolombo menolak melayaninya sehingga pelarian batal.

Sementara, sumber Reuters di pemerintahan negara itu membenarkan kabar kepergian sang presiden. Rencananya, Rabu ini diadakan peralihan kekuasaan dari Rajapaksa ke ketua parlemen, setelah demonstran menguasai istana kepresidenan dan rumah perdana menteri.

Sumber pemerintah mengatakan Rajapaksa telah meninggalkan negara itu tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Rajapaksa akan mengundurkan diri sebagai presiden pada hari Rabu untuk memberi jalan bagi pemerintah persatuan, setelah ribuan pengunjuk rasa menyerbu kediaman resminya dan perdana menteri pada hari Sabtu menuntut penggulingan mereka.

Presiden belum terlihat di depan umum sejak Jumat. Parlemen akan memilih penggantinya pada 20 Juli.

Keluarga Rajapaksa, termasuk mantan perdana menteri Mahinda Rajapaksa, telah mendominasi politik negara berpenduduk 22 juta itu selama bertahun-tahun dan sebagian besar warga Sri Lanka menyalahkan mereka atas masalah saat ini.

Ekonomi yang bergantung pada pariwisata sangat terpukul oleh pandemi COVID-19 dan penurunan pengiriman uang dari luar negeri Sri Lanka, sementara larangan pupuk kimia merusak hasil pertanian. Larangan itu kemudian dibatalkan.(HP-002)