Atletik Sumbar Pede Sumbang Dua Medali Emas di PON Papua

HALOPADANG.ID – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar mematok target dua medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX-2021 Papua Oktober mendatang.

Target tersebut dibidik berdasarkan modal dua emas di babak kualifikasi PON pada 2019. Hal itu diutarakan pelatih Atletik Sumbar Editiawarman pada rapat Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) KONI Sumbar dengan beberapa pelatih cabang olah raga (cabor) di gedung beladiri KONI Sumbar, Senin (12/7).

“PASI Sumbar meloloskan sebanyak 14 atlet pada PON Papua. Dari jumlah itu ditargetkan mampu membawa pulang dua medali emas, dua keping medali perak dan empat perunggu,” kata Editiawarman.

Editiawarman menyebutkan dua keping medali emas itu diprediksi dari nomor Dasa Lomba atas nama Fauma Depril Jumra dan di nomor Lontar Martil melalui Rafika Putra.

“Fauma sendiri pada Kejurnas Atletik dan Porwil 2019 menyabet medali emas dan di Asian Games menempati peringkat tujuh. Sementara Rafika Putra pada Porwil 2019 dan Kejurnas meraih medali emas,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk saat ini, kontingen Atletik Sumbar mengikuti latihan secara berpencar diantaranya di Pengalengan Jawa Barat dan Jakarta.

“Pada 25 Juli mendatang seluruh atlet bisa melakukan pemusatan latihan di DKI dan Jawa Barat dengan harapan bisa meningkatkan kemampuan atlet jelang turun di Papua,” katanya berharap.

“Untuk Dasa Lomba sebelumnya skor Fauma 6700 dan unggul di tujuh nomor. Sementara untuk target PON mematok skor 7000. Lawan terberat dari Maluku dan Riau. Sementara Rafika lawan terberat berasal dari Bangka Belitung dan Riau,” pungkasnya. (HP-003)