BKSDA Agam Lepas ke Alam Dua Kukang dan Seekor Elang Brontok

  • Bagikan

HALOPADANG.ID – Tiga ekor hewan yang tergolong langka, masing-masing dua ekor dua ekor satwa jenis Kukang (Nycticebus coucang) dan satu ekor burung Elang Brontok (Nisaetus Cirrhatus) dikembalikan ke alam oleh BKSDA Resor Agam . Ketiga ekor hewan yang dilindungi itu dilepasliarkan kembali ke alam setelah menjalani observasi dan perawatan di kantor BKSDA Agam.

“Kami memutuskan tiga ekor hewan tersebut dikembalikan ke alam setelah menjalani observasi dan perawatan oleh petugas kami. Hasil observasi menyimpulkan tidak terdapat luka, cacat, dan masih memiliki sifat liar,”kata Kepala BKSDA Resort Agam, Ade Putra yang dirilis agammediacentre.

Dalam penjelasannya, Ade Putra mengatakan sebelumnya ketiga satwa langka dan dilindungi itu dipelihara oleh warga di Kabupaten Agam. Namun, hewan-hewan tersebut diserahkan ke pihaknya beberapa waktu lalu .

Menurut Ade, Kukang-kukang itu sebelumnya satwa yang diserahkan warga jorong V Sungai Jariang Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam. Lalu, satu ekor burung Elang Brontok, imbuhnya merupakan satwa yang diserahkan warga Plasma Masang Jorong Manggopoh Utara Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung, Senin (31/05) lalu.

“Atas kerja sama dari warga itu, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap kepedulian warga yang semakin meningkat untuk konservasi satwa liar terutama jenis satwa dilindungi,”kata Ade. (HP-001)

  • Bagikan