Tindak Lanjut Inisiasi dari Andre Rosiade, Wako Pariaman Jamu Pimpinan KAI Sumbar

HALOPADANG.ID – Satu persatu progres upaya yang diinisiasi anggota DPR RI, Andre Rosiade menjembatani kepentingan daerah ke pusat mulai terwujud. Salah satu tindak lanjut tersebut adalah pertemuan yang dilakukan manajemen PT KAI di Sumbar dengan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Senin (31/5)

Dikutip dari berita yang dirilis situs resmi pemerintah kota Pariaman, pariamankota.go.id, Wali Kota Genius Umar menyebutkan pada kesempatan itu ia meminta pihak PT KAI menyediakan gerbong khusus yang mengangkut sepeda ke Pariaman.

“Kunjungan Kepala Divre II PT KAI Sumbar ke Kota Pariaman merupakan tindaklanjut dari pertemuannya dengan Dirut PT KAI difasilitasi oleh Anggota DPR RI Bapak Andre Rosiade beberapa hari lalu,”kata Genius.

Genius mengakui bahwa keberadaan PT KAI dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman, membuat biaya transportasi menjadi murah.

“PT KAI diharapkan dapat mendukung meningkatkan pariwisata di Kota Pariaman ,” harapnya.

Pertemuan dengan Kepala Divre II Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar, Kuncoro itu sendiri berlangsung di ruang kerja wali kota. Menurut Genius, ketersediaan gerbong khusus tersebut akan sangat membantu para gowes di Sumbar untuk menikmati keindahan Kota Pariaman. Di samping itu, wako juga minta agar dibuatkan taman-taman yang indah di stasiun Kota Pariaman.

“Kita ingin stasiun kita terlihat cantik dengan taman-taman bunga disekililingnya. Ditambah lagi sentuhan seni lukisan mural disekitar stasiun dengan tema kereta api,”imbuhnya lagi.

Yang tak kalah pentingnya, Genius minta agar PT KAI memperhatikan keamanan di setiap perlintasan kereta api yang sangat rawan terjadinya kecelakaan. Ia juga instruksikan OPD terkait, camat, kepala desa dan lurah untuk melakukan pelatihan dubalang untuk difungsikan menjaga di setiap perlintasan kereta api di Kota Pariaman.

Sementara itu, Kepala Divre PT KAI, Kuncoro juga meminta agar Pemko Pariaman menertibkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) disekitar stasiun Kota Pariaman.

Selain itu, PT KAI juga berencana akan mengundang BPBD terkait tanggap darurat bencana untuk melatih masinisnya tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan saat terjadi gempa dan bencana lainnya.

“Penumpang kereta api bisa memesan tiket kereta melalui KAI Access yang bisa di download di Playstore ,” tutup Kuncoro.(HP-001)