Jadi Pembeda Saat Hadapi Afganistan, Genta Bisa Masuk Starting Eleven Hadapi Oman?

HALOPADANG.ID – Genta Alparedo diprediksi akan mendatang tempat di starting eleven Timnas Indonesia saat laga uji coba berlebel FIFA  menghadapi Oman, hari ini, Sabtu (29/5/2021) malam, waktu Dubai.

Di laga uji coba sebelumnya, ia tampil di babak kedua dan menjadi barisan tim merah putih yang membuat perbedaan. Alhasil, Indonesia yang sebelumnya tertinggal 0-3 dari Afganistan, mampu memperpendek jarang ketingggal di babak kedua hingga laga berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan Afganistan.

Sebagai pemain yang “sukses” memberikan perbaikan untuk tim, Shin Tae-yong (STY) diperkirakan ingin melihat perkembangan Genta jika dijadikan sebagai starting.

“Mungkin saja (jadi starting). Sebagai pelatih, saya melihat Genta berhasil memainkan fungsinya di lini tengah dan memberi perbaikan pada tim saat ia masuk sebagai pengganti. Tapi itu semua kan keputusannya ada di tangan coach STY,”kata Dedi Umar, pelatih Genta semasa mengikuti pendidikan di PPLP Sumbar beberapa tahun silam.

Timnas Indonesia sendiri siap Tempur menghadapi laga uji coba international melawan Oman, Sabtu (29/5) di Stadion The Seven’s, Dubai. Bicara mengenai kekuatan lawan, pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, “Kekuatan Oman memang diatas Indonesia, mungkin satu atau dua level di atas kita,” jelasnya.

“Jadi sengaja kita mengadakan pertandingan uji coba besok dan kemarin melawan Afghanistan, itu adalah untuk melihat seberapa jauh kesalahan dan masalah dalam setiap laga, jadi lebih kepada evaluasi tim. Agar nanti di tiga laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G bisa lebih baik lagi.”

Bicara mengenai peluang Indonesia, Shin Tae-yong tegaskan, semua bisa terjadi di sepak bola.

“Kalau dibilang peluang Indonesia melawan Oman, diatas kertas enam banding empat, tapi bola itu bundar, kita belum tahu hasilnya bagaimana kalau tidak bertanding lebih dahulu,” tegasnya.

Uji coba melawan Oman akan kick off pada pukul 19.00 waktu setempat. Laga ini didaftarkan sebagai laga FIFA A Match. Dengan status pertandingan menjadi FIFA A Match tentu hasilnya akan ada poin dari FIFA.

Kemudian, skuad Garuda akan menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G yang dimulai awal Juni mendatang di Dubai. Indonesia akan melawan Thailand (3/6), Vietnam (7/6), dan UEA (11/6) mendatang. (HP-002)