Fenomena Alam di Pessel, Sumur Ini Menyemburkan Air dan Api

fenomena
Screenshot galian sumur bor Pamsimas, terlihat menyemburkan gas dan api di Kampung Ampalu, Nagari Sungai Tunu, Kecamatan Ranah Pesisir, Pessel.

HALOPADANG.ID–Kejadian langka atau fenomena alam terjadi di Kampung Ampalu, Nagari Sungai Tunu, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan. Di salah satu galian sumur bor Pamsimas menyemburkan gas dan api.

Kejadian alam itu sempat divideokan oleh warga setempat Oyon Basrul yang kebetulan sedang berada di lokasi tersebut. Kemudian dikoordinasikan dengan anggota DPRD setempat Novermal Yuska dan di unggah ke media sosial Facebook miliknya, pada Minggu (23/8) sore.

“Pengeboran sumur air bersih di Kampung Ampalu, Nagari Sungai Tunu, Kecamatan Ranah Pesisir, bikin heboh masyarakat setempat. Selain air, lubang sumur tersebut juga mengeluarkan gas, dan memicu percikan api. Kejadian aneh ini terjadi kemaren sore,” kata Novermal seperti yang ditulis pada laman Facebook miliknya.

Ia menuturkan, belum ada informasi dan penjelasan resmi dari instansi terkait atas kejadian tersebut. Namun, ia meminta agar masyarakat tetap berhati-hati, dan segera berkoordinasi dengan pejabat setempat jika terjadi hal-hal yang membahayakan diri, dan lingkungan setempat.

“Informasi ini sudah saya teruskan ke Dinas ESDM Sumbar dan BPBD Pessel, untuk segera ditindaklanjuti sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Ranah Pesisir Iptu Andi Yanuardi ketika dihubungi Haluan, mengaku sudah mengetahui informasi tersebut. Namun, untuk langkah dan penanganan selanjutnya ia bakal berkoordinasi dengan pimpinan dan pihak terkait lainnya.

“Untuk kondisi saat ini, kami minta agar masyarakat tetap waspada dan menjauh dulu dari lokasi tersebut. Nanti, takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya mengingatkan.(G-01)