Lampu Lalu Lintas di Padang Banyak yang Mati, Dishub: Kabelnya Dicuri

traffic light
Ilustrasi lampu lalu lintas

HALOPADANG.ID–Diduga kabel-kabel lampu lalu lintas dicuri Orang Tak Dikenal (OTK), akibatnya lampu lalu lintas di beberapa titik Kota Padang mati. Hal tersebut membuat arus lalu linas terganggu dan menimbulkan kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Dian Fakri, membeberkan bahwa kuat adanya dugaan pencurian kabel di bawah saluran. Pasalnya, setelah diperiksa dan diperbaiki di salah satu titik yaitu Simpang Khatib Sulaiman (Simpang Presiden), lampu tersebut tetap tidak mau hidup.

“Sudah beberapa hari ini kami memperbaikinya namun tidak bisa juga hidup. Jadi kemarin di cek ke bawah saluran kabel-kabelnya ternyata sudah putus dan hilang. Kuat dugaan kami kabel tersebut dicuri orang,” terang Dian, Selasa (14/7).

Dian menyebutkan, informasi pencurian kabel tersebut juga ia peroleh di Simpang Ujung Gurun. Sehingga saat ini pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

“Dugaan kami yang mencuri itu sudah ahli sekali. Karena kabel diputus dan digergaji dalam keadaan hidup. Lalu kabel ditarik dan digondol tanpa ada kekuatiran jika tersentrum. Ada lagi laporannya di titik lain. Makanya kami lapor ke polisi,” lanjutnya.

Akibat kejadian tersebut, Dian menyebutkan akan mencarikan solusi sementara. Pasalnya, untuk menggantinya tidak ada anggaran yang tersedia.

“Tidak ada anggaran lagi jika harus diganti karena biaya pengadaan kabel itu cukup besar. Namun saya belum menghitung berapa kerugian. Sementara kami carikan saja solusi dulu bagaiama baiknya,” tandasnya. (Q-04)