Calon Mahasiswa Mesti Tahu, Apa langkah Selanjutnya Setelah Lolos SBMPTN LTMPT?

Ilustrasi Mahasiswa Baru, Foto: Gammatekno

HALOPADANG.ID — Pengumuman SBMPTN 2020 resmi diundur karena adanya pandemi covid-19. Pengumuman SBMPTN LTMPT yang semula dijadwalkan akan diumumkan pada 25 Juli 2020, diundur menjadi tanggal 20 Agustus 2020.

Hal itu tentu membuat calon mahasiswa lebih merasa penasaran dan mungkin gugup menunggu bagaimana hasilnya nanti, apakah  akan lolos seleksi atau belum lolos di tahun ini. Namun, pernahkah berpikir selama menunggu pengumuman mengenai bagaimana kehidupan di kampus atau perkuliahan?

Hal apa saja yang harus dilakukan setelah dinyatakan lolos SBMPTN? Lalu persiapan apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi seorang mahasiswa nantinya?

Berikut Tahapan Jika Dinyatakan lolos SBMPTN

1. Pendaftaran Ulang

Hal pertama atau tahapan pertama yang harus detikers lakukan setelah dinyatakan lolos Pengumuman SBMPTN LTMPT adalah melakukan daftar ulang ke kampus masing-masing yang menjadi tujuan dengan mempersiapkan semua berkas atau dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang harus disiapkan di antaranya adalah cetak bukti kelulusan, kartu tanda peserta SBMPTN, STTB asli ataupun STK asli serta satu salinan yang dilegalisir, fotokopi akte kelahiran, pas foto terakhir, kartu keluarga, surat pernyataan/perjanjian sebagai mahasiswa PTN penerima, dan surat perjanjian orang tua (format biasanya disediakan kampus).

2. Mencari Kost atau Tempat Tinggal Selama Kuliah

Hal selanjutnya yang harus dilakukan setelah dinyatakan SBMPTN adalah mencari tempat tinggal atau kos bagi yang berasal dari daerah maupun kota lain yang jauh dari kota tempat kampus tujuan berada. Dalam mencari kost atau tempat tinggal selama kuliah, tentu calon mahasiswa harus mempertimbangkan beberapa hal, tidak hanya tentang harganya saja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kost adalah seperti jarak kost dari kampus, akses kos yang mudah menuju kampus, serta keamanan kos tersebut.

3. Melatih Mental dan Merubah Pola Pikir

Calon mahasiswa akan menemukan sistem belajar mengajar yang berbeda antara ketika bersekolah dengan berkuliah. Di perkuliahan, kita dituntut lebih mandiri dalam belajar tidak seperti ketika bersekolah yang masih mendapatkan banyak sokongan dari pengajar. Anda harus benar-benar bisa memahami mata kuliah yang diberikan dosen. Selain itu, anda juga harus mempersiapkan mental karena tugas yang diberikan di bangku perkuliahan akan sangat banyak bahkan menguras tenaga, pikiran dan waktu. Untuk itu harus mempunyai strategi yang tepat supaya bisa membagi semua hal tersebut sesuai dengan porsinya sehingga tidak menyebabkan kelelahan.

4. Cari dan Pikirkan Kegiatan Kampus yang Disukai dan Bisa Dilakukan

Anda sebaiknya mencari atau menggali informasi tentang kampus tempat menempuh pendidikan. Namun, informasi yang harus digali lebih mendalam tidak hanya seputar lokasi gedung saja melainkan juga bermacam kegiatan yang diadakan kampus dan sesuai dengan bakat ataupun minat. Anda akan memiliki tambahan pengalaman bahkan skill dengan mengikuti kegiatan lain yang diadakan kampus selain hanya belajar.

Meskipun pengumuman hasil SBMPTN diundur hingga Agustus mendatang, tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan hal-hal di atas terlebih dahulu agar memudahkan jika nanti benar-benar dinyatakan lolos. Namun, persiapkanlah hal yang mungkin bisa dipersiapkan dari jauh-jauh hari terlebih dahulu.