Mengintip Serunya Webinar STIKes Alifah Seri Pertama, Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

HALOPADANG.ID — STIKes Alifah Padang dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa kesehatan mengadakan seminar online (webinar) pada Kamis (2/7/2020) yang diikuti oleh seluruh mahasiswanya. Selain peserta internal, kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai pihak dengan beragam latar profesi dari berbagai daerah.

“Totalnya ada 3.402 peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa yang ikut webinar seri I ini”, ungkap Radian Ilmaskal, SKM, MPH, pemateri yang juga dosen prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Alifah.

Pembicara, selain Radian juga diisi oleh Desi Sarli, M.Keb, Phd(C) dan Ns. Revi Neini Ikbal, M.Kep. Bertindak sebagai moderator dalam kegiatan yang diketuai oleh Fadillah Ulfa, SKM, MPH ini adalah Ns. Edo Gusdiansyah, M.Kep dari Prodi Keperawatan. Fadillah Ulfa sendiri merupakan Wakik Ketua II STIKes Alifah.

Webinar tersebut dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh Ketua STIKes Alifah Padang, Ns Revi Neini Ikbal, M. Kep sekaligus menjadi pembicara pertama. Ns Revi membahas mengenai jenjang karir mahasiswa kesehatan. “Jenjang karir mahasiswa kesehatan merupakan urutan, tahapan, dan status yang dilalui mahasiswa selama menjalani masa pendidikan. Sehingga dapat menjadi mahasiswa yang penuh dengan kesungguhan,” katanya, Kamis.

Kemudian, dia juga menjelaskan mengenai aspek pencapaian karir yang terdiri dari tiga bagian yaitu pengetahuan dan pemahaman diri sendiri, pengetahuan dan pemahanan dunia kerja, dan penalaran yang realistis akan hubungan dan pemahaman diri sendiri serta pemahanan dunia kerja.

Selanjutnya, Ns Revi juga melanjutkan dengan pemahaman mengenai faktor dalam pengembangan karir. Mulai dari prestasi kerja, pengenalan keilmuan, kesetiaan pada keilmuan, pembimbing dalam study, dukungan dalam organisasi, kesempatan untuk tumbuh, serta kepercayaan diri dalam mencapai kesuksesan.

Webinar STIKes Alifah Padang dilanjutkan dengan pembicara dosen tetap di sana, Desi Sarli S. SiT, M. Keb, PhD (c) yang membahas mengenai pengalaman praktis menjadi bidan dan studi doktoral. Proses yang harus dilewati seorang bidan yaitu uji kompetensi terlebih dahulu. Setelah itu baru dapat mengurus STR yang dapat diurus secara online dan berlaku selama lima tahun.

“Jika ingin menyelenggarakan praktek secara mandiri wajib memiliki SIP/SIPB yang diberikan oleh Pemda,” jelasnya.

Pada sesi selanjutnya, webinar menghadirkan pembicara Radian Ilmaskal, SKM,MPH dengan materi ‘Tips Menang Hibah Penelitian dari Mahasiswa hingga Menjadi Dosen.

Webinar yang dapat diikuti melalui live streaming YouTube di akun resmi STIKes Alifah Padang Official ini rencananya akan digelar secara berseri. Untuk Webinar selanjutnya akan diadakan pada Kamis (9/7/2020) dengan Metode E-Learning yang Disenangi Mahasiswa.

Buat anda yang ingin menambah ilmu, jangan lupa mengikuti Webinar STIKes Alifah minggu ini. Peserta akan memdapatkan E-Sertifikat ber-SKP IBI, PPNI dan IAKMI.