Pasien Corona Sembuh, Sawahlunto Kembali ke Zona Hijau

sembuh
Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta saat memberikan keterangan pers terkait sembuhnya pasien covid, dan Sawahlunto kembali ke zona hijau, Senin (29/6).

HALOPADANG.ID–Pasien positif asal Sawahlunto, DC dinyatakan sembuh dari Covid – 19, dan kota tambang tersebut kembali ke zona hijau. Namun, DC masih dirawat di SPH Padang karena ada riwayat penyakit lainnya.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta kepada awak media di Balaikota setempat, Senin (29/6) mengungkapkan berdasarkan pemeriksaan test Swab yang dilakukan sebanyak dua kali dan hasilnya negatif.

“Pasien DC ini dirawat di SPH semenjak 4 Juni lalu, setelah terpantau positif Covid – 19 melalui test swab masal yang dilakukan,” katanya.

Meski kembali ke Zona hijau sebut Deri Asta, tidak boleh membuat pemerintah dan masyarakat lengah. Sebab ancaman Covid – 19 masih ada, jika sampai lalai dan mengacuhkan protokol kesehatan yang berlaku maka resiko Sawahlunto terjangkit Covid – 19 kembali tentu sangat besar.

“Ini yang sangat perlu semua ingat, bahwa bukan berarti Covid – 19 tidak ada lagi. Intinya Covid tidak untuk ditakuti tetapi dipatuhi aturan dan protokol kesehatan dalam pencegahan dan penyeberannya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang juga didampingi oleh Wakil Walikota, Zohirin Sayuti itu ditegaskan, jajaran pemerintahannya, terkhusus tim Gugus Tugas dan jajaran medis atau tenaga kesehatan agar terus meningkatkan kewaspadaan dan mempedomani prosedur – prosedur kesehatan untuk Covid – 19 . Jika ada warga yang mengalami demam atau gangguan kesehatan yang mengacu pada gejala Covid – 19, maka berarti tetap dimasukkan dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Jangan lengah. Tetap dipantau , jika ada yang mengalami gejala Covid – 19, segera tangani sesuai prosedur yang telah ditetapkan,” ujarnya.(J-01)