Total Pasien Sembuh Corona di Sumbar Capai 571 Orang

sembuh
Ilustrasi sembuh

HALOPADANG.ID–Kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat kembali bertambah sebanyak tiga kasus. Hingga Jumat (26/6) pukul 15.00 WIB, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar mencatat, total kasus secara keseluruhan telah mencapai sebanyak 720 kasus.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumbar, Jasman Rizal selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar menyampaikan, dari total 720 orang pasien, sebanyak 64 di antaranya masih dirawat di berbagai RS rujukan di Sumbar. Sementara sebanyak 54 orang lainnya menjalani isolasi mandiri dan karantina di pusat-pusat karantina.

Sejauh ini, ucapnya, sebanyak 571 orang telah dinyatakan sembuh, bertambah sebanyak 10 orang dari sehari sebelumnya.

“Pasien meninggal dunia juga bertambah sebanyak satu orang. Sehingga total menjadi 31 orang,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/6).

Ia menyebutkan, dari 1.622 sampel swab yang diperiksa Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, terindikasi tiga di antaranya positif Covid-19.

“Kasus hari ini, dari Kota Padang Panjang sebanyak dua kasus dan Kabupaten Solok sebanyak satu kasus,” ujar Jasman.

Adapun kasus baru dari Kota Padang Panjang adalah sebagai berikut: wanita (44) warga Silaiang Bawah, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus terkonfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara. Kemudian, wanita (28) warga Balai-balai, pekerjaan adm klinik, terinfeksi karena kontak dengan kasus terkonfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Sedang kasus dari Kabupaten Solok adalah seorang anak perempuan (8) warga Lembah Gumanti, status pelajar, diduga terpapar dari riwayat pengobatan rumah sakit, status meninggal dunia.

Sementara itu, total Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga saat ini telah berjumlah sebanyak 9.626 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 163 orang di antaranya masih menjalani pemantauan, dan 9.463 orang sisanya telah menyelesaikan pemantauan.

Lalu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah berjumlah sebanyak 1.309 orang, di mana sebanyak 19 orang di antaranya masih menjalani perawatan. Sedangkan 1.290 orang lainnya telah dinyatakan negatif Covid-19.(Q-05)