Cegah DBD, Kampung Perak Punya Jumantik

jumantik
Kelurahan Kampung Perak yang punya Jumantik

HALOPADANG.ID–Jumantik Kelurahan Kampung Perak, satu-satunya Jumantik di Kecamatan Pariaman Tengah, yang pantau jentik nyamuk di pemukiman warga.

Jumantik adalah singkatan dari Juru Pemantau Jentik, yang merupakan petugas khusus yang berasal dari lingkungan sekitar yang secara sukarela dan mau bertanggung jawab untuk melakukan pemantauan jentik nyamuk Aedes Aegypti di wilayahnya, serta melakukan pelaporan ke kelurahan secara rutin dan berkesinambungan.

“Sejak bulan Februari yang lalu, kami dari Kelurahan Lampung Perak telah memilih empat orang warga yang ditunjuk sebagai kader Jumantik dan hal ini merupakan satu-satunya Jumantik di Kecamatan Pariaman Tengah,” ujar Sekretaris Lurah Kampung Perak, Supriyadi, pada Rabu (24/6).

Kegiatan petugas Jumantik dalam memantau wilayahnya adalah untuk mengecek tempat penampungan air dan tempat yang tergenang air bersih apakah ada jentik, seperti bak mandi, ember, baskom wadah penampung air, pot bunga, dispenser dan lain sebagainya, serta apakah tempat penampung air sudah tertutup dengan rapat.

Ia juga mengatakan bahwa tugas Jumantik lebih dari sekadar memeriksa dan membasmi jentik saja, tetapi harus bisa mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat sekitar, agar lebih peduli terhadap bahaya DBD.

“Butuh kelihaian dan pendekatan tersendiri untuk melakukan hal ini,” ucapnya lebih lanjut.

Kader Jumantik Kelurahan Kampung Perak berjumlah sebanyak empat orang, dimana untuk satu orang untuk satu RT, dimana ada 4 RT (Rukun Tetangga) di Kelurahan Kampung Perak dimana mereka mendatangi, memasuki dan memantau dari rumah ke rumah tanpa terkecuali, termasuk juga di fasilitas umum seperti kantor, masjid, warung, tempat makan dan sebagainya.

Empat Kader Jumantik di Kelurahan Kampung Perak ini, yakni Yetti, Ides, Rika dan Betra turun sebanyak dua kali dalam satu bulan, dimana mereka di bawah bimbingan bidan kelurahan, berperan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapaan masyarakat menghadapi Demam Berdarah Dengue (DBD).(R-01/rel)