Sempat Vakum, Panwascam Pasbar Kembali Aktifkan

panwascam
Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria.

HALOPADANG.ID–Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat, mengaktifkan kembali Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Pemilu kelurahan desa. Sebelumnya pada Selasa 31 maret 2020, Panwascam dan panitia pengawas pemilu kelurahan desa dinonaktifkan sementara akibat wabah pandemi virus corona.

“Benar, sebanyak 33 Panwascam dan 19 panitia pengawas pemilu kelurahan desa telah di aktifkan kembali mulai pada tanggal 13 Juni 2020,” kata Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria.

Ia menjelaskan, pengaktifan tersebut sesuai Surat Edaran Bawaslu RI. No 0197 tahun 2020 tentang pengaktifan kembali Panwascam Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

“Secara umum tugas Panwascam melakukan tahapan Pilkada, namun secara khusus nantinya ditugaskan untuk pengawasan verifikasi faktual dari calon perseorangan independen bupati wakil bupati Pasaman Barat dan pemutakhiran data pemilih,” sebutnya.

Selain itu, ada masa new normal ini lanjut Emra Patria kepada Panwascam dan Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan Desa agar selalu pakai masker, jaga jarak dan menjaga pola bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan Covid-19. (S-01)