Wisata Sumbar Kembali Bergairah

zona hijau
Peta Sumatera Barat

HALOPADANG.ID–Setelah sempat “mati suri” lantaran terdampak penyebaran Covid-19, sektor pariwisata Sumatera Barat diproyeksikan dalam waktu dekat akan kembali bergairah. Hal ini seiring dengan mulai dibukanya kembali beberapa objek wisata strategis di Sumbar.

Optimisme ini dilontarkan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat mengunjungi Objek Wisata Bebas Covid-19 di Taman Margasatwa Wisata Kandih, Kota Sawahlunto, Minggu (14/6). Dalam kunjungan tersebut ia menyebutkan, saat ini pembukaan kembali sektor pariwisata masih dalam tahap pemanasan dan masih butuh waktu untuk merangsang wisatawan untuk berkunjung ke Sumbar.

Di sela-sela kunjungan tersebut ia uga menyampaikan, khusus objek wisata air seperti kolam renang dan waterboom seharusnya sudah bisa dibuka. Namun saat ini masih menunggu Standard Operating Procedure (SOP) yang sedang digodok dan disepakati dinas pariwisata dengan tim ahli. Ditargetkan minggu depan dapat terlaksana.

“Untuk objek wisata seperti kolam renang, tim dari dinas pariwisata sedang membahas bagaimana berwisata di kolam renang terbebas dari wabah Covid-19. Kami berharap masyarakat yang berwisata selalu menerapkan protokol kesehatan. Insya Allah, bagi masyarakat yang disiplin menjalankan protokol kesehatan akan selamat dari sebaran wabah virus corona,” katanya.

IP juga mengajak masyarakat untuk mulai menikmati pariwisata sebagai relaksasi pikiran karena terkungkung selama PSBB. Namun begitu ia tetap berpesan untuk mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Kepada pemkab dan pemko serta pengelola diharapkan komitmen dan konsistensinya dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga penyebaran Covid-19 dapat diantisipasi,” ujarnya.

Ia mengajak para wisatawan berkunjung menikmati keindahan alam, kuliner, budaya, dan aneka ragam bentuk hasil kerajinan yang ada di Sumbar.

“Ayo datang ke Sumbar menikmati indahnya destinasi wisata bebas yang Covid-19. Para wisatawan sehat, penggelola wisata sehat, masyarakat produktif dan aman covid. Bagaimanapun, disiplin protokol kesehatan kunci utamanya,” ucap IP.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Sumbar Novrial menyampaikan, kunjungan Gubernur Sumbar adalah dalam rangka meninjau pelaksanaan pembukaan kembali objek wisata masa new normal ke Kota Sawahlunto dan Kabupaten Tanah Datar.

“Dari peninjauan lima objek Kota Sawahlunto dan Kabupaten Tanah Datar, didapati protokol kesehatan sudah dijalankan sesuai SOP yang disusun oleh dinas pariwisata provinsi dan kabupaten/kota. Di antaranya, penggunaan masker oleh pengelola dan pengunjung, tempat cuci tangan permanen, pengukuran suhu menggunakan thermo gun, penerapan pembatasan jarak, pembatasan jumlah pengunjung, pembatasan jam operasional, pelayanan Kesehatan, serta penempatan tim pengawasan terpadu,” katannya.

Novrial juga mengatakan, dari pengamatan langsung terlihat sudah mulia banyak pengunjung antar kota sudah mulai berdatangan, dan malah beberapa wisatawan ada yang dari provinsi tetangga seperti Riau dan Sumatera Utara. (Q-04)