Wako Payakumbuh: Kenormalan Baru, Bukan Berarti Virus Corona Hilang

payakumbuh
walikota-riza-falepi-lepas-bibit-ikan-di-kampung-tangguh

HALOPADANG,ID–Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, mengatakan, dimulainya kebijakan kenormalan baru yang produktif aman covid-19 yang saat ini dijalankan pemerintah bukan berarti virus corona menghilang begitu saja.

“Perlu kita ingat kalau virus corona ini masih ada, tak hilang begitu saja, resiko dari kenormalan baru ini seperti peningkatan kasus positif, peningkatan PDP positif, terbentuknya klaster baru, bahkan peningkatan kematian akibat Covid-19.

“Yang paling ditakutkan adalah terjadi lonjakan kasus seperti di Pasar Raya Padang, dari data di Sumbar saja saat ini sudah lebih 650 orang yang positif Corona,”ucap Riza.

Apabila terjadi lonjakan kasus, Riza melihat juga bagaimana jumlah tenaga medis di Payakumbuh tidak akan sanggup melayani kalau sampai kasus positif mencapai ratusan.

“Belum lagi men-tracing kontak dengan yang positif ini, petugas kita akan kewalahan. Makanya di tengah kenormalan baru, bila protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tidak diberlakukan, maka akan berbahaya. Saling menularkan bisa saja terjadi,”kata Riza.

Untuk itu, Wako Riza mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menyongsong kenormalan baru dengan patuh mengikuti aturan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker ke luar rumah dan selalu menjaga jarak serta menghindari kerumunan orang.

“Bila aturan ini sudah diikuti seluruh pihak, maka insyaallah penularan corona bisa diatasi, itulah bagian dari ikhtiar kita sembari kita berdo’a diselamatkan oleh Allah Ta’ala dari bahaya virus corona,”ucapnya.(R-01/rel)