Cegah Corona, Ratusan Napi di Lapas Agam Diberi Vitamin

padang
Ilustrasi lapas

HALOPADANG.ID–Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Lubuk Basung, mendorong peningkatan imun dan kebersihan di lingkungan lapas tersebut untuk meminimalkan resiko corona bagi napi atau warga binaan.

Kepala Lapas Klas II B Lubuk Basung, Suroto di Lubuk Basung, Kamis (4/6) mengatakan, dalam mengantisipasi penyebaran corona, Lapas disemprot secara mandiri dengan cairan desinfektan baik di lingkungan kantor maupun blok.

Selain itu kepada 267 napi juga diberikan asupan vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Hal ini penting dimana kapas cukup rentan dalam penyebaran corona.

“Vitamin itu diberikan setiap hari kepada seluruh warga binaan (napi). Kemudian juga diberikan kepada petugas lapas,” katanya.

Kemudian untuk sementara waktu lapas tidak menerima kunjungan ke Padang atau daerah zona merah lainya sesuai surat edaran dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Hukum dan HAM Sumbar.

“Semenjak merebaknya kami meniadakan kunjungan untuk sementara waktu dalam mencegah penyebaran corona,” jelas Suroto.

Upaya lain pihaknya juga terus mengingatkan petugas maupun warga binaan untuk anjuran berjemur menggunakan masker, mencuci tangan.

“Berjemur itu dilakukan di lapangan setiap hari dan ini dalam meningkatkan daya tahan tubuh warga binaan,” katanya.

Pihaknya juga meminta Dinas Kesehatan Agam untuk rapid test. Namun karena keterbatasan alat di Dinkes Agam, maka kegiatan itu belum bisa dilaksanakan. (T-01)